UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DI SMP 41 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Amin Trisnanto

Keywords:

keterampilan, cooperatif learning, bahasa inggris

Abstract

Berbicara merupakan salah satu aspek keterampilan dalam Bahasa Indonesia yang sangat penting. Oleh karena itu, meningkatkan keterampilan berbicara dalam pelajaran Bahasa Indonesia harus dilakukan dengan maksimal.  Berdasarkan pengamatan langsung oleh peneliti ke sebuah sekolah di daerah Jakarta  tepatnya di kelas VII SMPN 41 Jakarta Selatan, peneliti menyimpulkan beberapa masalah yang terdapat dalam kegiatan pembelajaran di kelas tersebut diantaranya :

  1. Pembelajaran Bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara terlihat timpang, kesempatan berbicara tidak merata, dan terdapat dominasi pada beberapa orang siswa tertentu.
  2. Kebanyakan siswa sulit didorong untuk berbicara.
  3. Rasa tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan terlihat kurang.
  4. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengolah maksud dan pikirannya ke dalam susunan kalimat yang efektif dan bisa dimengerti orang.
  5. Masih banyak siswa yang mengalami kesulitan membangun komunikasi dalam kelompok ataupun di depan kelas, baik itu mengemukakan pendapat maupun memberi tanggapan.
  6. Guru mengalami kesulitan dalam menyajikan pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif dan menyenangkan.
  7. Hampir semua siswa tidak konsisten dalam menggunakan Bahasa Indonesia karena bahasa komunikasi yang digunakan dalam kesehariannya adalah bahasa ibu, yaitu bahasa daerah Jakarta .

Fokus masalah penelitian pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam keterampilan berbicara adalah masih banyak siswa yang mengalami kesulitan untuk berbicara mengungkapkan ide, gagasan dan perasaannya dengan baik dan lancar, baik itu di dalam diskusi kelompok maupun di depan kelas

Published

2015-09-11

How to Cite

Amin Trisnanto. (2015). UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING DI SMP 41 JAKARTA SELATAN. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 4(2), 62-68. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/128