METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN SISWA LEBIH AKTIF DAN BERWAWASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MENTENG DALAM 11

Authors

  • Baihaqi SD Negeri Menteng Dalam 11 Jakarta

Keywords:

Pemberian tugas, berbasis IT, Berwawasan

Abstract

Prestasi belajar  merupakan dua kata yang saling berkaitan akan tetapi mempunyai makna yang berbeda  yaitu dari kata prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil  yang  telah dicapai. Sedangkan belajar adalah usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi.

Dari sinilah penulis merasa terdorong  untuk membahas dan mengadakan penelitian terhadap  masalah, efektifitas  penerapan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT . Metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT    mempunyai pengertian “cara atau jalan yang tepat dan cocok untuk mengerjakan sesuatu yang efektif dan efisien  untuk mencari jawaban atas tugas dengan sumber media IT  di rumah, dan dengan hal demikian maka siswa akan mulai sejak dini diperkenalkan dengan IT  dan teknologi.

Setelah mengadakan tindakan yang kedua dengan cara peneliti memberikan evalusai pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT  meningkat menjadi 73,80 serta melanjutkan kepada tindakan yang ke III berupa metode ceramah dan memberikan hasil evaluasi.  Dalam penyajian bahan pelajaran perlu diberikan pengertian agar siswa memahami cara-cara, konsep-konsep, sifat-sifat, dan sebagainya yang diperlukan untuk mengerjakan soal-soal yang akan dicari di IT  yang diberikan,  mengalami kenaikan rata-rata menjadi 83,37

References

Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2001 Cet. Ke-1

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta BPFS, 2000

Hadari Nawawi, Pengaruh Hubungan Manusiawi Kalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Dasar, Jakarta: DepDik Bud, 1981

Hamalik, Media Pendidikan, Bandung: PT. Aditya Bakti, 2004, Cet ke-7

Imansjah Alipandie, Didaktik Metodik Surabaya : Usaha Nasional, 2009

Imron Evaluasi Intructional Prinsip-Prinsip Teknik Prosedur, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2006. 2006 :

Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Sosial, Bandung MandarMajti, 2000

Mudzakir Ilmu Pendidikan Surabaya : PT Usaha Nasional, 1973

Poerwadarminta. W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1986, Cet. Ke-9

Purwanto Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 2006

Rustiyah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja Karya, 1989

Sarnoto, A. Z. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, A. Z. (2012b). Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Statement, 2(3), 81–92. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/22

Sarnoto, A. Z. (2013). Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan. Madani Institute, 2(2), 1–7. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/106

Sarnoto, A. Z. (2014a). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. In Profesi (Vol. 4).

Sarnoto, A. Z. (2014b). Pemikiran Pendidikan Islam : Doktrin Islam Tentang Pendidikan. Statement, 4(5), 76–86. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/issue/archive

Sarnoto, A. Z. (2015). Tantangan penelolaan Pesantren dalam era Global. Madani Institute, 4(1), 44–52.

Singgih D. Gunarso, Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta BPK Gunung MuIia, 2004,

Slameto;2001 Psikologi Umum, CV. Mandar Maju, 2000, cet. ke-2.

Soemanto, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT Rajawali perss. 2002 Cet Ke: 4

Syaiful Bahri Djamaran, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional, 2004

Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik, Bandung Tarsito, 2004

Zuhairini, dkk., Metode dan Methodik, Jakarta; Dunia Aksara,2001

Published

2016-03-08 — Updated on 2021-06-03

Versions

How to Cite

Baihaqi. (2021). METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN SISWA LEBIH AKTIF DAN BERWAWASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MENTENG DALAM 11 . Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 5(1), 1-10. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/143 (Original work published March 8, 2016)