METODE PEMBERIAN TUGAS BERBASIS IT UNTUK MENINGKATKAN SISWA LEBIH AKTIF DAN BERWAWASAN DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI MENTENG DALAM 11
Keywords:
Pemberian tugas, berbasis IT, BerwawasanAbstract
Prestasi belajar merupakan dua kata yang saling berkaitan akan tetapi mempunyai makna yang berbeda yaitu dari kata prestasi dan belajar. Prestasi adalah hasil yang telah dicapai. Sedangkan belajar adalah usaha untuk membentuk hubungan antara perangsang dan reaksi.
Dari sinilah penulis merasa terdorong untuk membahas dan mengadakan penelitian terhadap masalah, efektifitas penerapan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT . Metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT mempunyai pengertian “cara atau jalan yang tepat dan cocok untuk mengerjakan sesuatu yang efektif dan efisien untuk mencari jawaban atas tugas dengan sumber media IT di rumah, dan dengan hal demikian maka siswa akan mulai sejak dini diperkenalkan dengan IT dan teknologi.
Setelah mengadakan tindakan yang kedua dengan cara peneliti memberikan evalusai pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas rumah berbasis bantuan IT meningkat menjadi 73,80 serta melanjutkan kepada tindakan yang ke III berupa metode ceramah dan memberikan hasil evaluasi. Dalam penyajian bahan pelajaran perlu diberikan pengertian agar siswa memahami cara-cara, konsep-konsep, sifat-sifat, dan sebagainya yang diperlukan untuk mengerjakan soal-soal yang akan dicari di IT yang diberikan, mengalami kenaikan rata-rata menjadi 83,37
References
Arifin, H.M., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2001 Cet. Ke-1
Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Yogyakarta BPFS, 2000
Hadari Nawawi, Pengaruh Hubungan Manusiawi Kalangan Murid Terhadap Prestasi Belajar di Sekolah Dasar, Jakarta: DepDik Bud, 1981
Hamalik, Media Pendidikan, Bandung: PT. Aditya Bakti, 2004, Cet ke-7
Imansjah Alipandie, Didaktik Metodik Surabaya : Usaha Nasional, 2009
Imron Evaluasi Intructional Prinsip-Prinsip Teknik Prosedur, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2006. 2006 :
Kartini Kartono, Pengantar Metodologi Sosial, Bandung MandarMajti, 2000
Mudzakir Ilmu Pendidikan Surabaya : PT Usaha Nasional, 1973
Poerwadarminta. W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 1986, Cet. Ke-9
Purwanto Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 2006
Rustiyah Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: CV. Remaja Karya, 1989
Sarnoto, A. Z. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.
Sarnoto, A. Z. (2012b). Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Statement, 2(3), 81–92. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/22
Sarnoto, A. Z. (2013). Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan. Madani Institute, 2(2), 1–7. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/106
Sarnoto, A. Z. (2014a). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. In Profesi (Vol. 4).
Sarnoto, A. Z. (2014b). Pemikiran Pendidikan Islam : Doktrin Islam Tentang Pendidikan. Statement, 4(5), 76–86. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/issue/archive
Sarnoto, A. Z. (2015). Tantangan penelolaan Pesantren dalam era Global. Madani Institute, 4(1), 44–52.
Singgih D. Gunarso, Psikologi Praktis Anak, Remaja dan Keluarga, Jakarta BPK Gunung MuIia, 2004,
Slameto;2001 Psikologi Umum, CV. Mandar Maju, 2000, cet. ke-2.
Soemanto, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta : PT Rajawali perss. 2002 Cet Ke: 4
Syaiful Bahri Djamaran, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya : Usaha Nasional, 2004
Winarno Surachmad, Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode dan Teknik, Bandung Tarsito, 2004
Zuhairini, dkk., Metode dan Methodik, Jakarta; Dunia Aksara,2001
Published
Versions
- 2021-06-03 (2)
- 2016-03-08 (1)