MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SDN MANGGARAI SELATAN 03 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Dianah SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan

Keywords:

hasil belajar, teknik arisan, soal berantai

Abstract

Menurut hasil penelitian Van Sickle dalam buku karangan Solihatin, (2006 : 13) judul karangan Cooperatif Learning, Analisis Model Pembelajaran menemukan bahwa sistem belajar kelompok dan debriefing secara individual dan kelompok dalam model cooperatif learning mendorong tumbuhnya tanggung jawab sosial dan individu siswa, berkembangnya sikap ketergantungan yang positif mendorong peningkatan dan kegairahan belajar siswa serta pengembangan ketercapaian kurikulum.

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : “Apakah melalui arisan soal berantai dapat meningkatkan hasil belajar IPA Perkembangbiakan tumbuhan dan hewan bagi siswa kelas VI SD SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan pada semester I tahun pelajaran 2012 / 2013 ?”

Tujuan khusus Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Mata Pelajaran IPA melalui teknik arisan soal berantai bagi siswa Kelas VI SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan pada semester I Tahun pelajaran 2012/2013.

Sekolah yang dimaksud dalam hal ini adalah SDN Manggarai Selatan 03 Jakarta Selatan dapat mengambil manfaat yang langsung dapat diterapkan oleh guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran,sehingga mereka termotivasi untuk senantiasa menggunakan teknik-tekni ktertentu dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.Dengan demikian dapat diharapkan perolehan hasil belajar siswanya dapat meningkat

References

Ahmadi, Abu (1991) ” Psikologi Belajar”, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta;

Arifin, Zainal (1991) ” Evaluasi Instruksional, Prinsip – Teknik – Prosedur”, Bandung : Penerbit PT. Remaja Rosda Karya.

Arsyad, Azhar (2006) ” Media Pembelajaran”, Jakarta : Penerbit PT. Grafindo Persada;

Jamarah, Syaiful Bahri dkk (20p) ” Strategi Belajar Mengajar ”, Jakarta : Penerbit PT Asdi Mahasatya.

Nasution, S (1992) ” Berbagai pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar” Jakarta : Penerbit Bumi Aksara.

Purwadarminya (1976) ” Kamus Bahasa Indonesia”, Jakarta : Penerbit Balai Pustaka.

sarnoto, A. Z., & Andri. (2019). PENGARUH PROFESIONALISME DAN KINERJA TENAGA PENDIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI 1 SUBANG. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/issue/archive

Sarnoto, Ahamd Zain. (2014). KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI BELAJAR: SEBUAH PENGANTAR STUDI PSIKOLOGI BELAJAR. Profesi, 3(4), 61–70.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, Ahmad Zain. (2012b). Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Statement, 2(3), 81–92. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/22

Sarnoto, Ahmad Zain, & Siswanto, P. T. (2013). Esensi Nilai-Nilai Keindonesiaan Dalam Pendidikan Karakter. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi

Slameto (2003) ” Belajar dan Faktor – faktor yang nenpengaruhi”, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Sadiman, Arif S. dkk (2008)” Media Pendidikan”, Jakarta : Penerbit Rajawali Pers;

Undang-undang Nomor 2003, ” Tentang Sistem Pendidikan Nasional”, Jakarta : Penerbit Sinar Grafika.

Undang, Gunawan (2008) ” Teknik Penelitian Tindakan Kelas”, Bandung : Penerbit Soya Gatama

Published

2016-03-08 — Updated on 2021-06-03

Versions

How to Cite

Dianah. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI TEKNIK ARISAN SOAL BERANTAI BAGI SISWA KELAS VI SDN MANGGARAI SELATAN 03 JAKARTA SELATAN. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 5(1), 11-18. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/144 (Original work published March 8, 2016)