UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI MENELADANI KISAH NABI AYUB AS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN READING GUID PADA SISWA KELAS V SDN TEBET TIMUR 18 PAGI

Authors

  • Eni Rahmulyani SDN Tebet Timur 18 Pagi Jakarta

Keywords:

metode pembelajaran reading guid, prestasi belajar PAI

Abstract

Guru memegang peran utama dalam  pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah. Oleh karena itu, Guru harus pandai memilih strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak didik agar supaya anak didik merasa  senang dalam belajar, khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Penerapan strategi  Reading Guide  dan  Index Card Matc  akan membantu peserta didik lebih mudah dan terfokus dalam memahami suatu materi pokok dan untuk melatih peserta didik agar lebih cermat dan lebih kuat pemahamannya, selain itu juga akan mengajak siswa untuk ikut berperan aktif dalam melaksanakan pembelajaran, karena di dalam strategi  Reading Guide dan  Index Card Matc terdapat beberapa strategi dan teknik yang dapat menciptakan suasana belajar menjadi efektif, efisien dan menyenangkan.

Berdasar atas uraian di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah Untuk mengungkap pengaruh  Metode Reading Guid   terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Tebet Timur 18 Pagi Kelas V   tahun pelajaran 2012-2013.Ingin mengetahui seberapa jauh kreatifitas siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Bangun datar  setelah diterapkannya Metode Reading Guid pada siswa Kelas V SDN Tebet Timur 18 Pagi Tahun Pelajaran 2012-2013

Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang  Konstruktifistik  dalam pembelajaran   Pendidikan Agama Islam oleh guru Kelas V  tahun pelajaran 2012-2013.Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran    Pendidikan Agama Islam.Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.Sumbangan pemikiran bagi guru Pendidikan Agama Islam  dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar Pendidikan Agama Islam

References

Arikunto Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi IV). Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Bahri, Syaiful, Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baharudin. 2001. Paradigm Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

B, Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: Rineke Cipta.

Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Djaali. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatah, A. Yasin. 2008. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang Press.

Hamalik , Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Harun, Rochajat. 2007. Metodologi Kualitatip Untuk Pelatihan. Bandung: Mandar Maju.

http://www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=news_view&news_id=7671.

Ibrahim, R. dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

J. Lexy, Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa E. 2006. Menjadi Guru Professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mansur. 2004. Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan. Yogyakarta: Mitra Pustaka Utama.

Nasution. 2005. Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nurkholis chanif dkk. ________. Bahasa Inggris untuk siswa MI Kelas V. Semarang: Aneka Ilmu.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

SM, Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sarnoto, A. Z. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, A. Z. (2012b). Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an. Profesi, 1(2), 1–7.

Sarnoto, A. Z. (2013). Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan. Madani Institute, 2(2), 1–7. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/106

Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Wahidmurni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dari Teori Menuju Praktek. Malang: UM PRESS.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zainuddin, M dan Muhammad Walid. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi. Malang: Fakultas Tarbiyah UIN

Published

2016-03-08 — Updated on 2021-06-03

Versions

How to Cite

Eni Rahmulyani. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI MENELADANI KISAH NABI AYUB AS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN READING GUID PADA SISWA KELAS V SDN TEBET TIMUR 18 PAGI . Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 5(1), 18-27. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/145 (Original work published March 8, 2016)