METODE MELIHAT CUPLIKAN PIDATO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERPIDATO PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI MENTENG DALAM 05 JAKARTA SELATAN

Authors

  • Harlinda Siregar

Keywords:

cuplikan pidato, berpidato, bahasa indonesia

Abstract

Manusia tak dapat hidup sendiri, dalam hidupnya selalu membutuhkan bantuan orang lain. Hal ini membuktikan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, manusia akan selalu berhubungan dan bergaul dengan orang lain, baik untuk menyatakan keberadaan dirinya, mengekspresikan perasaannya, menyatakan pendapatnya maupun untuk mempengaruhi orang lain demi kepentingannya sendiri, kepentingan kelompok, atau kepentingan bersama.

Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar Bahasa Indonesia diarahkan agar siswa terampil berkomunikasi dengan mengajarkan berbagai keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa tersebut mencakup empat aspek, yaitu : keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis.

Keempat aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, antara aspek yang satu dengan aspek yang lain saling berhubungan. Keterampilan berbicara menunjang keterampilan bahasa lainnya. Pembicara yang baik memberikan contoh yang dapat ditiru oleh penyimak yang baik.

References

Arsyad Maidar G. dan Mukti US, Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia, Jakarta : Erlangga, 2001.

Braid, A. Craig & Knower, Franklin H, Essensials of General Speech, New York : Mc Graw-Hill, 1986.

Chaer Abdul, Psikolinguistik, Bandung : Angkasa, 1985.

Danim Sudarman, dkk, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Karsa, 2005.

Depdiknas, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Media Makmur Maju Mandiri, 2006.

Devito, Joseph A, The Elements of Public Speaking, New York : Horper & Row, 1984.

Hamalik Oemar, Media Pendidikan, Bandung : Citra Aditya Bakti, 2004.

Hadi M. Yusuf, dkk, Teknologi Komunikasi Pendidikan, Jakarta : Pustekom Dikbud, 1984.

Hendrikus Dori W, Retorika, Yogyakarta : Kanisius, 2001.

Hurlock Elizabeth B, Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta : Erlangga, 1978.

Munandar Utami S.C., Mengembangkan Bakat dan kreatifitas Anak Sekolah, Jakarta : Grasindo, 2002.

Rohani Ahmad, Media Instruksional, Jakarta : Rineka Cipta, 2007.

Sadiman Afef S, dkk, Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Penerapannya, Jakarta : CV. Rajawali, 1986.

Safari, Pengujian dan Penilaian Bahasa dan Sastra Indonesia, Bandung : CV Roda Pengetahuan, 2002.

Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. In Profesi (Vol. 4).

Sarnoto, A. Z., & Siswanto, P. T. (2013). Esensi Nilai-Nilai Keindonesiaan Dalam Pendidikan Karakter. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi

Sudirman N, dkk, Ilmu Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, Bandung, 2002.

Sulaiman Amir Hamzah, dkk, Audio Visual untuk Penerangan Pengajaran dan Penyuluhan, Jakarta : Gramedia, 1988.

Sutoyo M.P, Tehnik Berpidato & Mempengaruhi Umum, Jakarta : Gemar, 2005.

Tantra Dewa Komang, Konsep Dasar dan Karakteristik PTK, Batam, 2005.

Tarigan Hendri Guntur, Psikolinguistik, Bandung : Angkasa, 1985.

Wilkinson Gene L, Media dalam Pembelajaran Selama 60 tahun, Jakarta : CV. Rajawali, 1980.

Wijaya Cece, Tabrani Rusyan, Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2002.

Sardiman. 2007. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro.Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Wahidmurni. 2008. Penelitian Tindakan Kelas dari Teori Menuju Praktek. Malang: UM PRESS.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2016-03-08 — Updated on 2021-06-03

Versions

How to Cite

Harlinda Siregar. (2021). METODE MELIHAT CUPLIKAN PIDATO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BERPIDATO PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI SD NEGERI MENTENG DALAM 05 JAKARTA SELATAN. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 5(1), 28-35. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/146 (Original work published March 8, 2016)