Konsepsi Kurikulum Pendidikan Perspektif Al-Qur'an

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

Konsepsi, Kurikulum, Al-Qur'an

Abstract

Tulisan ini akan mengungkap konsepsi dasar tentang kurikulum pendidikan perspektif Al-Qur'an. dimana banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang memberikan isyarat adalah konsep tentang kurikulum. Kurikulum sendiri dalam proses pendidikan sangat menentukan hasil dari adanya kegiatan pembelajaran, kurikulum yang dipahami adalah susunan atau muatan materi pembelajaran, menjadi penting dikaji karena berkaitan dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri. metode yang digunakan adalah studi pustaka, dimana sumber data yang dicari berasal dari bahan-bahan pustaka seperti buku, jurnal dan sumber pustaka lainnya.

References

Anton Sukarno. 1994. Efektivitas Sistem Pengajarna Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta: Erlangga

Arief S. Sadiman. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994, Petunjuk penggunaan Alat Peraga. Surabaya: Wardhana.

________1996. Kurikulunn Pendidikan Dasar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SD, TK dun SLB

Herman Hudojo. 1998. Belajar Mengjar Matematika. Bandung: Angkasa

Johson, Dosis Cipta & Myklebust, Halmer R. 1967. Learning Desebilites. New York: Grue & Stratton

Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang

M. Dalyono. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

_______1991. Penilaian Proses Belalar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ngadino Y. 2000. Media Pembelajaran. Surakarta : Tim UNS

Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Patton. M.Q. 1980. Qualitative Evaluation Methodes. Beverly Hills: Sage Publisher

Omar Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni

________1980. Metodologi Pengajaran Illnu Pendidikan. Bandung: Alumni

Rukidi. 1996, Media Pembelajaran. Bandung: Alumni

Slameto 1995. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta. Bina Aksara.

Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. In Profesi (Vol. 4).

Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92.

Suharsimi Arikunto. 1997. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutratinah Tirtonegoro. 1988. Anak Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara,

Syalful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia

Published

2016-03-08 — Updated on 2021-06-03

Versions

How to Cite

Sarnoto, A. Z. (2021). Konsepsi Kurikulum Pendidikan Perspektif Al-Qur’an. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 5(1), 37-46. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/147 (Original work published March 8, 2016)

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>