Konsepsi Kurikulum Pendidikan Perspektif Al-Qur'an
Keywords:
Konsepsi, Kurikulum, Al-Qur'anAbstract
Tulisan ini akan mengungkap konsepsi dasar tentang kurikulum pendidikan perspektif Al-Qur'an. dimana banyak ayat-ayat Al-Qur'an yang memberikan isyarat adalah konsep tentang kurikulum. Kurikulum sendiri dalam proses pendidikan sangat menentukan hasil dari adanya kegiatan pembelajaran, kurikulum yang dipahami adalah susunan atau muatan materi pembelajaran, menjadi penting dikaji karena berkaitan dengan tujuan dari pendidikan itu sendiri. metode yang digunakan adalah studi pustaka, dimana sumber data yang dicari berasal dari bahan-bahan pustaka seperti buku, jurnal dan sumber pustaka lainnya.
References
Anton Sukarno. 1994. Efektivitas Sistem Pengajarna Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta: Erlangga
Arief S. Sadiman. 1986. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994, Petunjuk penggunaan Alat Peraga. Surabaya: Wardhana.
________1996. Kurikulunn Pendidikan Dasar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu SD, TK dun SLB
Herman Hudojo. 1998. Belajar Mengjar Matematika. Bandung: Angkasa
Johson, Dosis Cipta & Myklebust, Halmer R. 1967. Learning Desebilites. New York: Grue & Stratton
Kasihani Kasbolah. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang
M. Dalyono. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.
Nana Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
_______1991. Penilaian Proses Belalar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ngadino Y. 2000. Media Pembelajaran. Surakarta : Tim UNS
Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Patton. M.Q. 1980. Qualitative Evaluation Methodes. Beverly Hills: Sage Publisher
Omar Hamalik. 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni
________1980. Metodologi Pengajaran Illnu Pendidikan. Bandung: Alumni
Rukidi. 1996, Media Pembelajaran. Bandung: Alumni
Slameto 1995. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta. Bina Aksara.
Sarnoto, A. Z. (2012). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.
Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. In Profesi (Vol. 4).
Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92.
Suharsimi Arikunto. 1997. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Sutratinah Tirtonegoro. 1988. Anak Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara,
Syalful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia
Published
Versions
- 2021-06-03 (2)
- 2016-03-08 (1)