MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAIS FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SMP 139 JAKARTA

Authors

  • Ida Effendi SMP Negeri 139

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbimbing

Abstract

Untuk memperoleh hasil belajar biologi yang memuaskan bagi siswa, maka guru dalam proses pembelajaran perlu memperhatikan variasi metode pembelajaran perlu memperhatikan variasi metode pembelajaran. Guru diharapkan dapat berbagi pengetahuan serta pengalaman kepada para muridnya, yaitu mulai sebagai tempat untuk bertanya, pengayom, pembimbing dan fasilitator dalam belajar.

Dari hasil wawancara dengan siswa kelas VII pada semester II tahun pelajaran 2010-2011, didapat 65% siswa yang ada di kelas tertarik untuk belajar IPA dengan memvariasikan penggunaan LKS, sedang 35% siswa lebih menyukai belajar dengan sistem diskusi informasi dengan guru yang lebih banyak memberikan informasi materi yang diajarkan. Jadi dominasi guru pada proses pembelajaran yang berlangsung masih terlalu kuat.

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut :

  1. Apakah dengan menggunakan LKS secara bervariasi dapat meningkatkan Hasil belajar siswa ?
  2. Apakah Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui penggunaan LKS ?
  3. Apakah pengembangan penggunaan LKS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa ?
  4. Manakah yang lebih efektif dalam meningkatkan Hasil belajar siswa, pembelajaran menggunakan LKS ataukah tidak ?
  5. Apakah Hasil belajar dapat ditingkatkan melalui pengembangan penggunaan LKS?

Penelitian ini dibatasi pada permasalahan apakah pengembangan penggunaan LKS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa?

Masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut “Bagaimana pengembangan penggunaan LKS dapat meningkatkan Hasil belajar siswa?”

References

Arikunto Suharsimi, Suhardjono dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Aukastomo, Djoko, 2004, Upaya Membangun Dunia Pendidikan, http://www.suaramerdeka.com/harian/0408/30opi4.htm, Senin 30 Agustus 2004, pukul 16.30 WIB.

BSNP, 2006, Standar Kompetei dan Kompetensi Dasar, IPA SMP/MTS, Jakarta : BSNP.

Depdikbud, 2001, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Jakarta.

Depdiknas, 2002, Pendekatan : Contekstual Teaching and Learning, Jakarta : Direktorat PLP.

Depdiknas, 2006, Contextual Teaching and Learning (CLT), Jakarta : LPMP.

__________, 2006, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Jakarta.

Dimjati dan Mudjiono, 2002, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Djiwandono Sri Esti Wuryani, 2006, Psikologi Pendidikan, Jakarta : Grasindo.

Djamarah Bahri Syaiful, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta.

Ferrance, Eileen, 2000. Action Research, Notrheast and Inslands Regional Educational Laboratory at Brown University.

Hamalik Oemar, 1999, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Kusnandar, 2006, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Rajawali Press.

Maryono dan Kusnandar, 2006, Bahan Ajar Evaluasi Hasil Belajar, Depdiknas Dirjen PMPTP, Jakarta : LPMP.

Mulyasa E, 2002, Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nothedge, Andrew, 1990, The God Study Guide, London : The Open University.

Pasti, Y. Priyono, 2004, Sekolah “Plus”, http://www.pontianakpost.com. Minggu, 22 April 2010. Pukul15.30.

Rahmad, Abdul, 1998, Action Research Implications for Science and Mathemtics Teachers Volume 1, Australia : National Key Centre for School Science and athematics.

Sarnoto, Ahmad Zain, Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Dalam Pendidikan, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.1 Tahun 2011

Slameto, 2003, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sudjana, Nana, 2005, Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.

Supardo, Susilo, 1999, Cakrawala Pendidikan (Majalah Ilmiah Kependidikan), tahun XVIII, No. 4, Hal. 30-35, Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat : UNY.

Suriasumantri S.Jujun, 2011, Pengaruh Penggunaan LKS pada Mata Pelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar di SMAN 42 Jakarta, Jakarta : FMIPA Universitas ndonesia.

Susilo, Herawati, dkk, 2010, Implementasi Penelitian Tindakan Kelas, http://www.pakguruonline.pendidikan.net, Minggu 1 Juni 2011, pukul 14.00.

Sutikno Sobry, 2010, Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna, Mataram : NTB Press.

Tim IPA Terpadu, 2010, IPA Terpadu, Jakarta : Yudistira.

Trianto, 2010, Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta : Prestasi Pustaka.

Uno Hamzah, 2010, Teori Hasil dan Pengukuranny Sebuah Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

__________, 2010, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara.

Usman, Moh. Uzer, 1997, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya

Published

2012-08-15

How to Cite

Ida Effendi. (2012). MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAIS FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING SMP 139 JAKARTA. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 1(2), 1-6. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/185