IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERMAKNA GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEUTAMAAN TADARUS DI BULAN RAMADHAN DALAM PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 163 JAKARTA

Authors

  • Kholilah SMP Negeri 163

Keywords:

Pembelajaran Bermakna, Keutamaan Tadarus, Ramadhan

Abstract

Tujuan pendidikan adalah menyediakan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya secara optimal, sehingga ia dapat mewujudkan dirinya  dan berfungsi sepenuhnya, sesuai dengan kebutuhan pribadinya dan kebutuhan masyarakat. Setiap orang mempunyai bakat dan kemampuan yang berbeda pula. Pendidik bertanggung jawab untuk memandu yaitu mengidentifikasi dan membina serta memupuk, yaitu mengembangkan dan meningkatkan bakat termasuk didalamnya adalah kreativitas. Kreativitas atau daya cipta memungkinkan munculnya penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu dan teknologi, serta dalam semua bidang usaha manusia lainnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengungkap pengaruh bermakna   terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran  Pendidikan Agama Islam pada materi  SMP Negeri 163  Jakarta Kelas VII  tahun pelajaran 2012/2013.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 163  Jakarta Kelas VII tahun pelajaran 2012/2013. Diambilnya siswa-siswi kelas VII tersebut karena mereka dapat menggambarkan secara representatif data apa yang dikehendaki oleh penulis dalam penelitian tindakan kelas ini.

Hasil yang didapat dalam penelitian tersebut adalah melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Bermakna  memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 66%, 80%, dan 90%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Dapat diambil kesimpulan bahwa model pengajaran bermakna dapat meningkatkan kualitas pembelajaran  Pendidikan Agama Islam Pembelajaran dengan pembelajaran Bermakna  memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (66%,), siklus II (80%), siklus III (90%). Model pengajaran Bermakna     dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan

References

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Arruz Media.

Budiningsih, C. Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2001. Metodologi Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press.

_____________, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dahar, Ratna Wilis. 1984. Teori-teori Belajar, Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti P2LPTK.

Daradjat, Zakiah. 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta; Bumi Aksara.

Depdikbud. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati & Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanun Asrohah, “Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi”, Nizamia; Jurnal Pendidikan Islam,VII, 2 Desember, 2004. aqqi, Ahmad Mu’adz. 2003. Syarah 40 Hadits tentang Akhlak, Jakarta: Putaka Azam.

Hudojo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika, Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.

Ibrahim R. dan Nana Syaodih S. 1996. Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Joyce, B. dan Marsha Weil. 1980. Model of Teaching, Boston: Ally and Bacon Publisher.

Laila, Alfi. 2007. Cognitive Approach to Teaching Theory David Ausubel, (Makalah Tugas Mata Kuliah “Teori dan Psikologi Belajar”, PPS UNY.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moleong, Lexy J. 1999. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual, Semarang: Rasail Media Group.

Muhadjir, Noeng. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

_____________, 2003. Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial; Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar, Surabaya: Citra Media.

________, 2002. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nur, Muhammad. 2000. Strategi-strategi Belajar, Surabaya: UNESA Press.

Rasyan, A. Tabrani. 1994. Pendekatan Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Sadiman, Arief S., dkk. 1996. Media pendidikan; Pengertian, Pengembangan, Samsuri, 2005. Pendidikan Agama Islam SMA Kelas XI, Jakarta: Erlangga.

Sarnoto, Ahmad Zain, Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.2 Tahun 2011

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Soekamto, Teoti dan Udin Saparudin WP. 1997. Teori-teori belajar dan model-model pembelajaran, Jakarta: P2T UT Dirjen PT. Dikbud.

Soetopo, “ Pendidikan Agama dan pengembangan Etika Sosial: Sebuah Upaya untuk Efektifitas Pendidikan Budi Pekerti” Cendekiawan: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan vol. 4 No. 2 Juli-Desember, 2006.

Suryabrata, Sumadi. 1998. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sutrisno. 2005. Revolusi Pendidikan Di Indonesia : Membelah Metode Dan Teknik Pendidikan Berbasis Kompetensi, Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Syah, Muhibbin. 1999. Psikologi Belajar, Jakarta: Logos.

Tim Dosen Fakultas Tarbiyah Sunan Ampel Malang. 1996. Dasar-dasar Pendidikan Islam: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Karya Aditama. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Tim Penyusun. 2004. Pedoman Penulisan Skripsi, Surabaya, Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Press.

Uman, Cholil. 1998. Ikhtisar Ilmu Pendidikan Islam, Surabaya: Duta Aksara.

Winkel, WS. 2004. Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Media Abadi.

Published

2012-08-15

How to Cite

Kholilah. (2012). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERMAKNA GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEUTAMAAN TADARUS DI BULAN RAMADHAN DALAM PELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 163 JAKARTA. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 1(2), 7-15. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/186