PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SDN PONDOK KELAPA 09 PAGI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK DIKTE

Authors

  • Lieswantini SDN Pondok Kelapa 09 Pagi

Keywords:

Peningkatan Menulis Permulaan, Penggunaan Teknik Dikte, Bahasa Indonesia

Abstract

Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar pendidikan di semua jenis dan jenjang sekolah mulai dari Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi memegang peranan penting dalam pembaharuan dan peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu, di dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia diajarkan berbagai keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa tersebut meliputi empat aspek, yaitu : keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Tujuan penelitian adalah untuk melihat peningkatan kemampuan siswa kelas II SDN Pondok Kelapa 09 Pagi, Jakarta Timur dalam menulis permulaan dengan menggunakan dikte.

Sampel penelitian hanya dilakukan pada satu kelas yang memang lemah dalam kemampuan menulis permulaan (II), karena keterbatasan waktu penelitian. Selain itu, diharapkan dengan jumlah siswa yang 35 orang diharapkan dapat mewakili semua populasi kelas II yang mempunyai kelemahan dalam kemampuan menulis permulaannya. Peneliti tidak mengukur variabel-variabel lain yang sekiranya mempengaruhi kemampuan menulis siswa. Peneliti hanya melihat peningkatan kemampuan menulis permulaannya saja melalui penggunaan dikte.

Berdasarkan hasil pembahasan dan refleksi dari masing-masing siklus, maka dapat direfleksikan sebagai berikut :           Siklus I, penggunaan dikte yang digunakan dalam proses belajar mengajar menulis permulaan, terlihat bahwa kemampuan siswa dari segi jumlah nilai terendah yaitu 62,1 dan nilai rata-rata 82,74. Walaupun demikian, masih ada indikator yang belum dikuasai siswa atau belum tercapai khususnya dari segi penggunaan tanda baca oleh siswa. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa siswa belum dapat belajar secara tuntas. Siklus II, penggunaan dikte yang dilakukan dengan perbaikan pada penggunaan alat peraga dan pengoptimalan diri siswa untuk lebih aktif di kelas, menunjukkan perolehan yang cukup baik.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa melatih kemampuan menulis permulaan siswa melalui penggunaan dikte, yang dilakukan dengan sering atau pada setiap pertemuan pelajaran bahasa Indonesia, dengan tingkat keterlibatan siswa yang banyak baik dalam hal pemberian contoh maupun pengoreksian kesalahan yang dilakukan oleh sendiri atau temannya juga dengan memberikan teguran secara langsung akan kesalahan yang dilakukan siswa selama kegiatan dikte berlangsung dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa

References

Akhadiah, Sabarti, dkk, Bahasa Indonesia III, Jakarta: Depdikbud, 1992/1993.

Akhadiah, Sabarti, Maidar Arsyad, Sakura Ridwan. Menulis, Jakarta: Depkdibud, 1988.

Ambo Enre, Fachruddin. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud, 1988.

Broto, A.S. Metodologi Proses Belajar Mengajar Berbahasa, Jakarta: Tiga Serangkai, 1982.

Departemen Pendidikan Nasional. KBK Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta : Depdiknas, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kurikulum PGSD Tahun 1995, Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, 1991.

Djiwandono, M.S. Tes Bahasa dalam Pengajaran, Bandung : Penerbit ITB, 1996.

Halim, Amran. Ujian Bahasa, Jakarta : PT Wira Nurbakti, 1982.

Irvine, A.H., Ernest Weekley, MA. Collins English Dictionary, London and Glasgow : William Collins Sons and Co., LTD., 1974.

Keraf, Gorys. Komposisi : Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa, Flores NTT : Penerbit Nusa Indah, 1984.

Liang Gie, The. Karang Mengarang, Yogyakarta : Yayasan Pustaka Nusantara, 1990.

Purwanto, Ngalim, Djeniah Alim. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia, Jakarta : PT. Rosda Jaya Pura, 1997.

Rofi’uddin, Ahmad, Darmiyati Zuhdi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi, Jakarta : Depdikbud Proyek Pendidikan Guru SD 1998/1999.

Sarnoto, Ahmad Zain, Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.2 Tahun 2011

Semi, Atar. Menulis Efektif, Padang : Angkasa Raya, 1988.

Suriamiharja, Agus, H. Akhlal Husen, Nunuy Nurjanah. Petunjuk Praktis Menulis, Jakarta : Depdikbud Proyek Penataran Guru SLTP DII, 1996.

St. Rosmaladewi, Andi. “Pembelajaran Menulis di SD” (Makalah), Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah-Depdikbud, 1995.

Thachir, A. Malik. Pandai Membaca dan Menulis, Jakarta : Depdikbud, 1995.

Tarigan, Henry Guntur. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa, 1982.

Zuchdi, Darmiyati, Budiasih. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah, Jakarta : Depdikbud, 1996/97

Published

2012-08-15

How to Cite

Lieswantini. (2012). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SDN PONDOK KELAPA 09 PAGI MELALUI PENGGUNAAN TEKNIK DIKTE. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 1(2), 16-20. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/187