PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG BENDA DAN SIFATNYA MELALUI PENDEKATAN “COOPERATIVE LEARNING"
Keywords:
hasil belajar, benda dan sifatnya, cooperative learningAbstract
Dalam kurikulum SD, khususnya pelajaran IPA disebutkan bahwa pelajaran IPA bertujuan untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan yang berhubungan dengan keterampilan proses, mengenal dan memupuk rasa cinta terhadap alam sekitar, sehingga menimbulkan rasa kagum terhadap penciptanya, mengembangkan sikap dan nilai, mengembangkan minat siswa terhadap IPA, serta mengembangkan konsep-konsep IPA sederhana yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
Hasil belajar IPA di kelas III SDN Pisangan Baru 16 Pagi, Jakarta sangat rendah. Hal ini dapat terlihat dari nilai siswa kelas III yang mencapai nilai 80 sekitar 50% dari 20 orang siswa yaitu 10 orang. (Buku Administrasi Kelas III TP 2011/2012)
Dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning diharapkan siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan mendorong rasa ingin tahu pada diri anak tentang apa yang akan dipelajari yang menuntut pembuktian yang pada akhirnya apa yang dialami siswa akan diingat lebih lama.
Agar lebih efektif hasil yang didapat dari penelitian ini, maka masalah yang akan dibahas yaitu, ”Apakah pembelajaran melalui cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang benda dan sifatnya ?”
Berdasarkan latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah yang telah diuraikan, maka perumusan masalah yang diteliti adalah :
Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPA melalui pendekatan ” cooperative learning” tentang media dan sifatnya (PTK di kelas III SDN Pisangan Baru 16 Pagi, Jakarta)
References
Arikunto, Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara, 2006.
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2006.
Darmodjo, Hendro, R.E. Kaligis, Pendidikan IPA II, Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti, Proyek Pembinaan Kependidikan, 1992/1993.
Gagne dan Briggs, http://www.geoogle.co.id/
Isjoni, Cooperative Learning, Bandung : Alfabeta, 2007.
Iskandar, M. Srini, Ilmu Pengetahuan Alam, Depdikbud, 1992.
Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2008.
Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remadja Karya CV, 1984.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006.
Sarnoto, Ahmad Zain, Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.2 Tahun 2011
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2003.
Sudjana, Nan, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995.
Trianto, Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek, Surabaya : Prestasi Pustaka Publisher, 2007.
Uni, Hamzah B, Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara, 2007