UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL TEACHING LEARNING DI SDN PONDOK KELAPA 09 PAGI

Authors

  • Sri Irianti SDN Pondok Kelapa 09 Pagi

Keywords:

hasil belajar, Metode, kontekstual teaching learning

Abstract

Dalam dunia pengajaran dikenal bermacam-macam teknik penyajian dari yang tradisional sampai mengalami perkembangan kepada teknik penyajian yang modern (teknik akomodatid) yang telah banyak dipergunakan pada era pendidikan global ini. Persoalan kelas yang paling penting adalah apabila dalam pengelolaan jelas tidak profesional dan tidak dapat memfungsikan kelas secara refresentatif maka akan tercipta suasana yang tidak nyaman, dan untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman maka guru harus mempelajari berbagai metode dan pendekatan terhadap siswanya harus sesuai dengan proporsi kompetensi seorang guru. Untuk mengarahkan penelitian yang akan dilakukan maka perlu ditetapkan tujuan penelitian sebagai berikut: Untuk mengetahui dan menganalisis hasil belajar siswa menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk materi pelajaran PKn di Sekolah Dasar. Untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada materi PKn menggunakan metode penelitian tindakan kelas untuk siswa kelas VI di Sekolah. Berdasarkan hasil analisis data dengan melihat prosentase peningkatan pada Siklus I ke Siklus II yaitu sebesar 22,5% dan pada Siklus II ke Siklus III sebesar 13,0%, berdasarkan data ini menunjukkan adanya kesesuaian dengan hipotesis, dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pembelajaran  dengan menggunakan metode Contextual Teaching And Learning   dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas VI SDN Pondok Kelapa 09 Pagi Jakarta Timur. Hasil analisis data membuktikan bahwa pemberian tindakan melalui metode Contextual Teaching And Learning   dapat membantu perbaikan proses belajar-mengajar bagi siswa kelas VI sekolah dasar. Kesimpulan dari hasil penelitian data dengan melihat hasil proses belajar-mengajar dari satu siklus ke siklus lainnya yakni pada Siklus I sebesar  49,5%, pada Siklus II sebesar 57,4%, dan pada Siklus III sebesar 83,2.%. Dengan demikian terjadi peningkatan kualitas pembelajaran dari Siklus I ke Siklus II diperoleh peningkatan sebesar  17,9% dan pada Siklus II ke Siklus III diperoleh peningkatan kualitas pembelajaran sebesar 15,8%.

References

Arifin, Zainal, Evaluasi Intructional Prinsip-Prinsip Teknik Prosedur, Jakarta : CV. Pedoman Ilmu Jaya, 1996.

abri, Alisuf HM., Psikologi Pendidikan, Jakarta : PT. Bina Aksara, 1998

N.K, Roestiyah., Masalah-Masalah Ilmu Keguruan, (Jakarta: PT.Bina Aksara,1999)

Nana Sudjana, Psikologi Pendidikan ( Jakarta : Rineka Cipta, 2005)

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Bandung : Remaja Rasda Karya Offset, 1999. Cet Ke. 5

Nurahadi, Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Depdiknas, 2003

Poewardarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : PN. Balai Pustaka, 1994

Sarnoto, Ahmad Zain, Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.2 Tahun 2011

Shalahuddin, Mahfudh, Pengantar Psikologi, Surabaya : Bina Ilmu, 1999

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Bina Aksara, 1999

Soetono, Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar, Surabaya : Usaha Nasional, 1993

Syaiful Bahri Djamarah , Strategi Belajar mengajar Jakarta : 2000 , 56

Wasty Soemanto. Psikologi Pendidikan Rineke Cipta : 2005

Published

2012-08-15

How to Cite

Sri Irianti. (2012). UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE KONTEKSTUAL TEACHING LEARNING DI SDN PONDOK KELAPA 09 PAGI. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 1(2), 36-40. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/190