Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam
DOI:
https://doi.org/10.53976/jmi.v1i2.191Keywords:
Belajar, Psikologi, IslamAbstract
Penelitian ini untuk mengungkap konsepsi Belajar dalam perspektif psikkologi dan Islam, belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap kegiatan penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat tergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada di sekolah maupun dilingkungan rumah atau keluarganya sendiri. Teori belajar adalah teori yang pragmatik dan eklektik. Teori dengan sifat demikian ini hampir dipastikan tidak pernah mempunyai sifat ekstrim. Tidak ada teori belajar yang secara ekstrim memperhatikan siswa saja, guru saja, kurikulum saja, dan sebagainya.
Penelitian ini pendekatannya melalui metode kualitatif dengan menggunakan data kepustakaan tanpa data statistik seperti pada metode kuantitatif, sehingga kegiataannya sering disebut sebagai library research.
Secara umum hasil penelitian ini membuktikan bahwa pandangan kognitif melihat belajar sebagai sesuatu yang aktif. Mereka berinisiatif mencari pengalaman untuk belajar, mencari informasi untuk menyelesaikan masalah, mengatur kembali, dan mengorganisasi apa yang telah ada, sedangkan dalam perspektif Islam, belajar merupakan kewajiban bagi setiap muslim dalam rangka memperoleh ilmu dan pengetahuan sehingga dejarat kehidupannya meningkat. Hal ini dinyatakan dalam al-Qur’an surat al-Mujadilah ayat 11 “….Allah akan menginggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat ..”. Ilmu dalam hal ini tentu saja berupa pengetahuan yang relevan dengan tuntutan zaman dan bermanfaat bagi kehidupan manusia
References
Gordon, Thomas, Menjadi guru efektif, Gramedia, Jakarta, 1997
Hasbullah, Dasar-dasar ilmu pendidikan, Erlangga, Jakarta, 1996, cet.ke-2
Harlock, Elizabeth B, Psikologi perkembangan, Erlangga, Jakarta, 1996, cet.ke-2
Ihsan, H.Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1996
Idris, Zahara & Lisna Jamal, Pengantar Pendidikan, Grasindo, Jakarta, 1992
Jalaludin, Psikologi Agama, Rajawali Pres, Jakarta, 1991
Langgulung, Hasan, Azas-azas pendidikan Islam, pustaka al-Husna, Jakarta, 1992
--------, Beberapa pemikiran tentang pendidikan Islam, al-Ma’arif,
Bandung, 1980
Mulyati, Psikologi Belajar, Yogyakarta, Andi, 2005
Munandir, Belajar dan membelajarkan, Rajawali, Jakarta, 1991
Marimba, Ahmad D, Pengantar filsafat pendidikan Islam, al-Ma’arif, Bandung, 1980
Mujib, Abdul, Fitrah dan kepribadian Islam, Darul Falah, Jakarta, 1999
Mastuhu, Memberdayakan sistem pendidikan Islam, Logos, Jakarta, 1999
-------, Dinamika sistem pendidikan pesantren, Inis, Jakarta, 1994
Mudzakir, Ahmad & Joko Susilo, Psikologi Pendidikan, Pustaka Setia, Jakarta, 1995
Mike Hernacki (ed) Quantim Teaching (Ary Nilandari pent), Kaifa, Bandung, 2000
Nata, Abuddin, Pemikiran para tokoh pendidikan Islam, Rajawali Pres, Jakarta, 2001, cet.ke-2
Nasution, Noehi, psikologi Pendidikan, Dirjen Binbagais dan UT, Jakarta, 2000
Najati, Muhammad Usman, Al-Qur’an dan Psikologi, Aras Pustaka, Jakarta, 2001
Poduska, Bernard, dkk, 4 teori kepribadian, Restu Agung, Jakarta, 2002
Priatna, Tedi, Reaktualisasi paradigma pendidikan Islam, Pustaka bagi Quraisy,
Bandung, 2004
Poerbakawrja, Soegarda, Ensiklopedi Pendidikan, Gunung Agung, Jakarta, 1981
Rusydan, A Tabrani, Pendekatan dalam proses belajar mengajar, Remaja Karya,
Bandung, 1992
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Kalam Mulian, Jakarta, 1994
Sarnoto, Ahmad Zain, Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.2 Tahun 2011
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Rajawali Pres, Jakarta, 2002, cet.ke-11
---------, Psikologi Kepribadian, Rajawali Pres, Jakarta, 2001
Syaifullah, Ali, Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan, Usaha Nasional, Surabaya, 1982
Suwarno, Pengantar Umum Pendidikan, Aksara Baru, Jakarta, 1988
Suwito, konsep pendidikan akhlak menurut ibnu maskawaih, Disertasi IAIN, Jakarta, 1995
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru, Remaja Karya,
Bandung, 2000
Sardiman, AM, Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Rajawali, Jakarta, 2000
Surya, H. Mohamad, Psikologi Pembelajaran danpengajaran, Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2001
--------, Psikologi Pendidikan, IKIP Bandung, 1992
Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta,
Sudjana, Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar, Sinar Baru,
Bandung, 1998
Suwaid, Muhammad Ibnu Abdul Hafidz, Cara Nabi Mendidik Anak, Al-I’tishom CU, Jakarta,2004
Suciati, dkk, Teori Belajar dan Motivasi, PAU-PPAI Universitas Terbuka, Jakarta,
--------, Taksonomi Tujuan Instruksional, PAU-PPAI Universitas Terbuka,
Jakarta, 2001
Thoha, M Chatib, Teknik evaluasi pendidikan, Rajawali Prs, Jakarta, 2001
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Rosyda Karya, Bandung,
Ulwan, Abdullah Nasih, Pedoman pendidikan anak dalam Islam, Asy-Syifa,
Bandung, 1990
Umdirah, Abdurrahman, Metode al-Qur’an dalam pendidikan, (Abdul Hadi pent), Mutiara Ilmu, Surabaya, tt
Winataputra, Udin S, Model-model Pembelajaran, Dirjen Dikti Diknas, Jakarta, 2001
Wijaya, Cece, Kemampuan dasar Guru dalam proses belajar mengajar, Remaja
Rosda Karya, Bandung, 1992
Winkel, WS, Psikologi Pengajaran, Grasindo, Jakarta, 1996
Yusuf, H.Syamsu, Psikologi belajar Agama, perspektif pendidikan agama Islam,
Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2003
Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam, Hidakarya Agung, Jakarta, 1992
Yahya, Imam Abu Zakaria, Riyadhus Shalihin, (Ter. H.Salim Bahreisy), Al-Ma’arif
Bandung, 1995