UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET DAN KARDUS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 211 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Authors

  • Bambang Dirgantoro SMP Negeri 211 Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Permainan, Loncat jauh

Abstract

Rendahnya aktivitas gerak dan respon siswa terhadap pembelajaran lompat jauh menjadi permasalahan untuk tercapainya ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 80 menit. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta yang berjumlah 31 siswa. Variabel yang diteliti adalah suasana kelas yang ditandai aktivitas siswa, respon siswa dan unjuk kerja siswa dalam malakukan pembelajaran lompat jauh. Pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran oleh guru kolaborator dengan menggunakan tabel observasi. Pendapat siswa melalui angket yang dibagikan sesudah pembelajaran, sebagai upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas dapat meningkatkan aktivitas siswa 29 siswa kategori baik, rasa senang 26 siswa kategori baik, dan unjuk kerja siswa 29 siswa (93,55%) tuntas, sedangkan 2 siswa (6,45%) belum tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permaianan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran diatas pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta

References

Abdul Kadir Ateng, 1992, Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani, Jakarta: Depdikbud.

Adang Suherman, 2000, Dasar-dasar Penjaskes, Jakarta: Depdiknas.

Agus S. Suryobroto, 2009, Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: UNY

Aip Syarifuddin, 1992, Pendidikan Jamani dan Kesehatan, Jakarta: Depdikbud

Carr, Gerry, 1997, Atletik Untuk Sekolah, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Daryono, 2009, Upaya Meningkatkan Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa SMP Negeri 2 Tanjungpandan Belitung, Yogjakarta : IKIP Yogyakata

E. Mulysa, 2011, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

IAAF, 2000, Pedoman Mengajar Lari, Lompat, Lempar level I Atletik, Jakarta : Staf Sekretariat IAAF-RDC

Mochamad Djumidar, 2004, Gerak-gerak Dasar Atletik Dalam Bermaian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nadisah, 1992, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Jakarta: Depdiknas

Nana Sudjana & Ahmad Rifai, 2010, Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik, 2005, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Rusli Lutan dan Yudha M. Saputra, 2000, Perencanaan Pembelajaran Penjaskes, Jakarta: Depdikbud.

Sarnoto, Ahmad Zain, Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi, Jurnal STATEMENT. Vol.01 No.2 Tahun 2011

---------, Belajar dalam Perpektif Psikologi dan Islam, Jurnal Madani Institutte, Vol. 1 No. 2 Tahun 2012

Samsudin, 2008, Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS, Jakarta: Litera.

Soegiyanto dan Sudjarwo, 1993, Perkembangan dan Belajar Gerak, Jakarta: Depdikbud.

Suharsimi Arikunto, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sukintaka, 1992, Teori Bermain, Jakarta: Depdikbud

Yoyo Bahagia dan Adang Suherman, 2000, Prisip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga, Jakarta: Depdiknas.

Yudha M. Saputra, 2004, Dasar-dasar Keterampilan Atletik, Jakarta: Depdiknas

Published

2018-08-16

How to Cite

Bambang Dirgantoro. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET DAN KARDUS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 211 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 7(2), 58-65. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/203