UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS VI SDN HALIM 01

Authors

  • Giyarti Winarbin SDN Halim 01 Jakarta Timur

Keywords:

Hasil belajar, Metode, Pengajaran Kolaborasi

Abstract

Di era globalisasi yang sedang berlangsung dewasa ini, Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan tersebut antara lain persaingan ketat dalam perdangan internasional sebagai konsekuensi pasar bebas di kawasan ASEAN dan Asia Pasifik. Belajar adalah proses penambahan pengetahun. Konsep ini muncul pada pengertian paling awal. Namum pandangan ini, ternyata masih berlaku bagi sebagian orang di negeri ini. Dengan pijakan konsep ini, belajar seolah-olah hanya penjejalan ilmu pengetahun kepada siswa. Berangkat dari latar belakang permasalahan tersebut di atas, maka dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis mengambil judul Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa-Siswi Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017-2018. Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahnnya sebagi berikut: Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017-2018? Bagaimanakah pengaruh model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2017-2018? Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur tahun pelajaran 2017-2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret semester genap tahun pelajaran 2017-2018. Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami. Dari penelitian ini diharapkan adanya peningkatan proses kegiatan belajar mengajar dan peningkatan prestasi belajar bahasa Indoensia khususnya pada pokok bahasan menceritakan peristiwa yang dilihat atau dialami siswa Kelas VI SDN Halim 01  Jakarta Timur tahun pelajaran 2017-2018

References

Arikunto, E. a. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsjad, M. G., & U.S, M. (1988). Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. https://cvalfabeta.com/

Hamalik, O. (2001). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Nasional, D. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rofi’uddin, A., & Zuchdi, D. (2001). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,.

Sarnoto, A. Z. (2011). Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi. Statement, 1(2), 1–17.

Sarnoto, A. Z. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, A. Z. (2012b). Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Statement, 2(3), 81–92. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/22

Sarnoto, A. Z. (2013). Implikasi Teologis Profesi Guru Dalam Pendidikan. 2(2), 1–7.

Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. In Profesi (Vol. 4).

Sarnoto, A. Z., & Andini, D. (2017). Sikap sosial dalam kurikulum 2013. MADANI Institute, 6(1), 59–70.

Sarnoto, A. Z., & Suryanto, D. (2017). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP PRESTASI SISWA. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi

Published

2018-08-16

How to Cite

Giyarti Winarbin. (2018). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PENGAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS VI SDN HALIM 01 . Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 7(2), 84-90. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/206