UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET DAN KARDUS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 211 JAKARTA

Authors

  • Murtalib SMP Negeri 211 Jakarta

Keywords:

Hasil Belajar, Permainan, Loncat Jauh

Abstract

Rendahnya aktivitas gerak dan respon siswa terhadap pembelajaran lompat jauh menjadi permasalahan untuk tercapainya ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 80 menit. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta yang berjumlah 31 siswa. Variabel yang diteliti adalah suasana kelas yang ditandai aktivitas siswa, respon siswa dan unjuk kerja siswa dalam malakukan pembelajaran lompat jauh. Pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran oleh guru kolaborator dengan menggunakan tabel observasi. Pendapat siswa melalui angket yang dibagikan sesudah pembelajaran, sebagai upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas dapat meningkatkan aktivitas siswa 29 siswa kategori baik, rasa senang 26 siswa kategori baik, dan unjuk kerja siswa 29 siswa (93,55%) tuntas, sedangkan 2 siswa (6,45%) belum tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permaianan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran diatas pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta

References

Arikunto, E. a. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahagia, Y., & Suherman, A. (2000). Prisip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati, & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTS. Jakarta: Litera.

Sarnoto, A. Z. (2011). Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi. Statement, 1(2), 1–17.

Sarnoto, A. Z. (2012a). Belajar dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Madani Institute, 1(2), 41–50.

Sarnoto, A. Z. (2012b). Dinamika Pendidikan dalam perspektif politik pendidikan. Educare, 2(1), 62–73.

Sarnoto, A. Z. (2014). Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/119

Sugiyanto. (n.d.). Psikologi Pendidikan (Issue 0274, pp. 1–21).

Published

2018-08-16

How to Cite

Murtalib. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET DAN KARDUS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 211 JAKARTA . Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 7(2), 91-98. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/207