MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI INTROVER (Studi di TK Islam Al-Azkar Jakarta Selatan)
DOI:
https://doi.org/10.53976/jmi.v10i1.225Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Kecerdasan Emosi, Anak Usia Dini IntroverAbstract
Penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif, mampu meningkatkan kecerdasan emosi anak usia dini yang introver. Peningkatan kecerdasan emosi anak introver melalui pembelajaran kooperatif di lakukan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa (student centre approach), strategi pembelajaran kolaboratif (collaborative strategy), metode diskusi kelompok, teknik bermain peran (role playing), mencairkan suasana (ice breaking), dan dengan taktik ceramah, keteladanan, serta kartu bergambar (flash card).
Kesimpulan dari penelitian ini sejalan dengan teori kecerdasan emosional (Emotional Intellegence) Daniel Goleman (1946) yang menyatakan bahwa kecerdasan emosional menjadi pondasi bagi kecerdasan-kecerdasan lainnya.
Penelitian ini dilakukan di TK B, TK Islam Al-Azkar, Lebak Bulus Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta, sejak bulan April 2020 sampai dengan bulan Oktober 2020. Sumber utama tesis ini adalah observasi lapangan dan dokumentasi tertulis berupa kurikulum dan perangkat pembelajaran. Selanjutnya dalam memperoleh sejumlah data dilakukan dengan wawancara mendalam (in depth interview) tak terstruktur. Kemudian data yang beragam tersebut dianalisis melalui pendekatan fieldwork dengan menggunakan metode content analyisis
References
of New York Press.
Ali, M. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogina press.
Anak, K. P. P. dan P. (2018). Statistik Gender Tematik, Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Arikunto, E. a. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bailey, K. D. (1982). Methods of Social Research. New York: A Division of Macmillan Publishing Co. Inc.
Bogdan, R., & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon.
Et, A. M. G. (1985). Beginning and Beyond: Foundation in Early Childhood Education. New York : Delmar Publishing Inc.
Familia, T. (2006). Konsep Diri Positif, Menentukan Prestasi Anak. Yogyakarta: Kanisus.
Fathurrahman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif, Alternatif Disain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunarsa, S. D. (2008). Dasar dan Teori Perkembangan. Jakarta, BPK Gunung Mulya.
Indrajati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini, Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.
Izzati, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Koeswara, E. (1991). Teori-Teori Kepribadian. Bandung: PT Eresco.
Kusumawati, D. (n.d.). Guru TK B, TK Islam Al-Azkar Jakarta Selatan.
Mashar, R. (2015). Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangannya. Jakarta : Kencana.
Nata, A. (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana.
Nurlita, N., Sarnoto, A. Z., & Hayati, M. (2018). Development of Malay Culture-Based Dance Learning Model to Enhance Early Childhood Students’ Creativity. Proceedings Ofthe 1st International Conference on Educational Sciences (ICES 2017), 316–319.
Rahmawati, I. (2010). Cooprative Play Affects Social Interaction of Children Who Have Introvert Personality. Jurnal Ners, 5(1).
Sarnoto, A. Z. (2016). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi, 5(1), 48–58.
Sarnoto, A. Z. (2017). Aspek Kemanusiaan Dalam Pembelajaran Humanistik Pada Anak Usia Dini. Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(1), 11–17. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi
Sarnoto, A. Z. (2019). Dinamika Pendidikan Islam (1st ed., Vol. 1). Jakarta; PTIQ Press.
Sarnoto, A. Z., & Budiyanti, E. (2021). Karakteristik Model Quantum Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 65–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i1.4273
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48
Sarnoto, A. Z., & Ulfa, S. M. (2021). Kecerdasan Sosial dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an. AoEJ : Academy of Education Journal, 12(2), 294–302. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.739
Senjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Budiyanti, E. (2019). MODEL MENGAJAR PENDIDIK ANAK USIA DINI PADA RA BAIT QUR’ANY AT-TAFKIR TANGERANG SELATAN. Madani Institute, 8(1), 51–64. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/7
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.
Supendi, P., & Nurhidayat. (2007). Fun Game 50 Permainan Menyenangkan di Indoor dan Outdoor. Jakarta: Penebar Plus.