PENGARUH MURAJAAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL INSTRUKTUR TAHFIDZ TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN MAHASISWI INSTITUT ILMU AL-QUR’AN (IIQ) JAKARTA

Authors

  • M. Darwis Hude Institut PTIQ Jakarta
  • Nurhasana Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

Murajaah, Komunikasi interpesonal, Kualitas Hafalan Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait dengan Murajaah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik korelasional  dan analisis regresi sederhana dan ganda. Sampel diambil dari populasi sebanyak 90 dari total 115 populasi Mahasiswa IIQ Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan studi dokumenter. Teknik analisa data yang digunakan model analisis Deskriptif, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi sederhana dan regresi ganda yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

Pertama, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Murajaah terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an berdasarkan hasil uji T parsial dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 52.6%, dan persamaan regresi linier sederhana menunjukkan Ŷ = 56,618 + 0,292 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Murajaah, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor Kualitas hafalan Al-Qur’an sebesar  56,618 

Kedua, Terdapat pengaruh positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an. berdasarkan hasil uji T parsial dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 52.9%, dan persamaan regresi linear sederhana menunjukkan Ŷ = 46,286 + 0,391X2 yang berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor Komunikasi Interpersonal, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan skor Kualitas hafalan Al-Qur’an sebesar  46,286 .

Ketiga, Terdapat pengaruh Murajaah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an  berdasarkan hasil uji F simultan (Uji F) dalam analisis regresi linear berganda, dengan besarnya pengaruh 58,4%, dan persamaan regresi linier berganda menunjukkan Ŷ = 45,342 + 0. 242 X1 + 0.177X2. Hal ini berarti bahwa setiap peningkatan skor Murajaah dan komunikasi Interpersonal secara bersama-sama atau simultan, akan memberikan pengaruh terhadap peningkatan Kualitas Hafalan, sebesar  45,342

References

Anshori. (2013). Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gani, B. A., & Umam, C. (1994). Beberapa Aspek Ilmiah tentang Al-Qur’an. Jakarta: Litera Antarnusa.

Harahap, G. (2018). Konsep Komunikasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Dakwah Risalah, 29(2), 143. https://doi.org/10.24014/jdr.v29i2.6358

James G, R., & Dkk. (1986). Komunikasi yang Efektif. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya.

Luthfi, A. (2009). Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

M.Hardjana, A. (2005). Komunikasi Interpersonal. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawabudin, A. (1991). Teknik Menghfal Al-Qur’an. Bandung: Sinar Baru.

Nazir, M. (2003). Metode Peneltian. Ghalia Indonesia.

Sakho, M. A. (2008). Sejarah Al-Qur’an. Jakarta: PT Rehal Publika.

Sarnoto, A. Z. (2002). Pengantar Ilmu Komunikasi (1st ed.). Bekasi: Pustaka Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z. (2011). Kontribusi Aliran Psikologi Behaviorisme Terhadap Perkembangan Teori Ilmu Komunikasi. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 1(2), 1–17.

Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jurnal Profesi, 4(1), 88–92.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Zawawie, M. (2011). Pedoman Membaca, Mendengar, dan Menghafal Al-Qur’an. Solo: Tinta Medina.

Published

2021-04-30

How to Cite

Hude, M. D. ., & Nurhasana. (2021). PENGARUH MURAJAAH DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL INSTRUKTUR TAHFIDZ TERHADAP KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN MAHASISWI INSTITUT ILMU AL-QUR’AN (IIQ) JAKARTA. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 10(1), 22-31. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/226

Most read articles by the same author(s)