MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL 2 JAKARTA TIMUR

Authors

  • Akhmad Shunhaji Institut PTIQ Jakarta
  • Nurlia Aliyah Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53976/jmi.v10i1.229

Keywords:

Manajemen, Penjaminan Mutu, Pendidikan Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan manajemen penjaminan mutu pendidikan Al-Qur’an di SDIT Buahati Islamic School 2.  Manajemen penjaminan mutu pendidikan yang diterapkan di SDIT Buahati Islamic School 2 menunjukkan adanya tiga langkah dalam menentukan mutu. Pertama adanya perencanaan mutu pembelajaran Al-Qur’an dengan menentukan tujuan, standar, dan target pembelajaran Al-Qur’an. Kedua, pengendalian mutu yaitu mengidentifikasi masalah-masalah, kemudian dilakukan perbaikan secara berkelanjutan. Ketiga, peningkatan mutu yaitu dengan dibentuknya sumber daya dan kegiatan yang mendukung proyek mutu dan mempertahankannya.

            Penelitian ini menunjukkan adanya penerapan teori yang digunakan oleh Joseph M. Juran dengan triloginya pertama, perencanaan mutu yaitu menentukan mutu berdasarkan harapan pelanggan. Perencanaan mutu melibatkan pelanggan dari data yang dikumpulkan. Kedua, pengendalian kualitas yaitu membandingkan output sekolah, apakah telah sesuai dengan harapan pelanggan atau belum. Jika ditemukan kekurangan maka dilakukan perbaikan. Ketiga, peningkatan mutu yaitu mempertahankan mekanisme yang sudah mapan, melakukan perbaikan, memberikan pelatihan, dan menemukan pemecahan masalah dalam mencapai target.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

References

Aedi, N. (2014). Pengawas Pendidikan: Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Fathurrohman, M., & Sulistiorini. (2002). Implementasi ManajemenPeningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras.

Faturrahman, M. (2019). Quality Assurance Di Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Lantip Diat Prasojo, & Sudiyono. (2010). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Mas, S. R. (2017). Pengelolaan Penjaminan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Muslim, S. B. (2009). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesional Guru. Bandung: Alfabeta.

Nasional, D. P. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sallis, E. (2012). Total Quality Management in Education: Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta: IRCiSod.

Sarnoto, A. Z. (2012). Urgensi Supervisi Pengajaran Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 55–66.

Sarnoto, A. Z. (2016). Pengantar Studi Pendidikan Berbasis Al Qur’an : Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(2), 97–107.

Sarnoto, A. Z. (2017). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan. Madani Institute | Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 1–10.

Sarnoto, A. Z., & Nugroho, T. (2015). Dimensi Mutu Dalam Pendidikan Sekolah. Ulumuddin, 5(1), 48–57.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Suryobroto, B. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Uwes, S. (1999). Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Published

2021-04-30

How to Cite

Akhmad Shunhaji, & Nurlia Aliyah. (2021). MANAJEMEN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN AL-QUR’AN DI SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL 2 JAKARTA TIMUR. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 10(1), 47-54. https://doi.org/10.53976/jmi.v10i1.229