UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PADA GURU-GURU SMP NEGERI 115 JAKARTA

Authors

  • Sindung Ernawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan efektivitas kepemimpinan dalam meningkatkan mutu pelayanan di SMP Negeri 115 Jakarta Selatan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskripsi dengan pendekatan action research. Subyek penelitian ini adalah Guru SMP Negeri 115 Jakarta Selatan. Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Secara umum, efektivitas kepemimpinan di SMP Negeri 115 Jakarta Selatan tergolong sangat tinggi. Hal ini terlihat dari semua indikator dari variabel efektivitas kepemimpinan dengan nilai rata-rata yang berada pada interval 4,01 – 5,00. Kepemimpinan SMP Negeri 115 Jakarta Selatan umumnya merasa memiliki efektivitas yang sangat tinggi, baik dalam hal pemberian tugas-tugas; pemberian wewenang untuk efektivitas kepemimpinan bertindak, pemberian wewenang untuk mengambil keputusan, pemberian tanggung jawab, maupun pemberian kesempatan untuk mengembangkan diri. Sementara itu dalam hal kualitas pelayanan juga menunjukkan bahwa secara umum kepemimpinan SMP Negeri 115 Jakarta Selatan memiliki kualitas pelayanan yang tinggi, baik dari aspek kelengkapan sarana dan prasarana yang baik, daya tanggap karyawan/guru terhadap kebutuhan pelanggan, ketepatan waktu dan akurasi pelayanan,
perhatian guru / karyawan pada pelanggan, dan sikap untuk menumbuhkan kepuasan dan rasa percaya pada pelanggan. Hal ini terlihat dari semua indikator kualitas pelayanan dengan nilai rata-rata berada pada interval 4,01 – 5,00. Efektivitas kepemimpinan SMP Negeri 115 Jakarta Selatan umumnya merasa memiliki persepsi kelengkapan sarana dan prasarana yang baik, daya tanggap kepemimpinan terhadap kebutuhan pelanggan, ketapatan waktu dan akurasi pelayanan, perhatian kepemimpinan pada pelanggan, dan sikap untuk menumbuhkan kepuasan dan rasa percaya pada pelanggan yang sangat tinggi. Sedangkan jika dilihat dengan scatterplot terlihat adanya efektivitas kepemimpinan dan kualitas pelayanan yang ditandai dengan penyebaran data di sekikat garis linier. Keterkaitan efektivitas kepemimpinan dan kualitas pelayanan tersebut menunjukkan hubungan positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa jika persepsi efektivitas kepemimpinan yang tinggi, maka diharapkan dapat meningkatkan persepsi kualitas pelayanan di SMP Negeri 115 Jakarta Selatan.

Published

2019-09-09

How to Cite

Ernawati, S. (2019). UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN PADA GURU-GURU SMP NEGERI 115 JAKARTA. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 8(2), 82-88. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/23