PENGARUH KEPEMIMPINAN PENGASUH DAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SA’IDIYYAH 2 BAHRUL ULUM JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.53976/jmi.v10i1.232Keywords:
Kepemimpinan, Sistem Pendidikan Pesantren, Kecerdasan EmosionalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris melalui data-data yang shahih terkait dengan kepemimpinan pengasuh dan sistem pendidikan pesantren memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional santri baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan peneliti adalah metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap santri Pondok Pesantren As-Sa’idiyyah 2 Bahrul Ulum, Jombang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Adapun alat pengumpul data menggunakan angket/kuesioner terhadap responden sebanyak 76 orang santri dari kelas XII Aliyah yang berada di Pondok Pesantren As-Sa’idiyyah 2 Bahrul Ulum, observasi, wawancara dan dokumnetasi. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan pengasuh terhadap kecerdasan emosional santri dengan prosentase sebesar 25,6%. Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem pendidikan pesantren terhadap kecerdasan emosional santri dengan prosentase sebesar 23,4%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan pengasuh dan sistem pendidikan pesantren secara bersama-sama terhadap kecerdasan emosional santri dengan prosentase sebesar 34,7%.
References
Chandra, G. (2010). Panduan Pendampingan Kecerdasan Emosional. Mojokerto: Manuscript.
Hude, M. D. (2006). Emosi, Penjelajahan Religio Psikologis Tentang Emosi Manusia dalam Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga.
Qonitatin, N., Faturochman, F., Helm, A. F., & Kartowagiran, B. (2020). Relasi Remaja – Orang Tua dan Ketika Teknologi Masuk di Dalamnya. Buletin Psikologi, 28(1), 28. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.44372
Sarnoto, A. Z. (2013). Urgensi Peningkatan Mutu Pengelolaan Pesantren Dalam Era Global. Educare, 3(3), 49–60.
Sarnoto, A. Z. (2014). Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/119
Sarnoto, A. Z. (2016). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi, 5(2), 93–104. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi
Sarnoto, A. Z., & Fathoni, A. (2020). Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Majemuk. Madani Institute, 8(2), 1–12. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/28
Sarnoto, A. Z., & Moh Yusuf. (2018). PENGARUH KECERDASAN JAMAK DAN SEKOLAH BERASRAMA TERHADAP KARAKTER SISWA. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi
Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Statement, 10(1), 17–30. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/17
Solechan, & Zidan, Z. (2019). Pengembangan Kecerdasan Emosional Di Sma Primaganda Bulurejo Diwek Jombang. Jurnal Ilmuna, 2(1), 43–64.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.
Tuanaya, A. M. M. T. (2007). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Balai penelitian dan pengembangan agama.
Zamakhsyari, D. (2015). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.