PENGARUH KEPEMIMPINAN PENGASUH DAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SA’IDIYYAH 2 BAHRUL ULUM JOMBANG

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta
  • Farihah Ulinnuha Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53976/jmi.v10i1.232

Keywords:

Kepemimpinan, Sistem Pendidikan Pesantren, Kecerdasan Emosional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris melalui data-data yang shahih terkait dengan kepemimpinan pengasuh dan sistem pendidikan pesantren memberikan pengaruh terhadap kecerdasan emosional santri baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan peneliti adalah metode survei dengan pendekatan korelasional terhadap santri Pondok Pesantren As-Sa’idiyyah 2 Bahrul Ulum, Jombang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis statistik yaitu teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Adapun alat pengumpul data menggunakan angket/kuesioner terhadap responden sebanyak 76 orang santri dari kelas XII Aliyah yang berada di Pondok Pesantren As-Sa’idiyyah 2 Bahrul Ulum, observasi, wawancara dan dokumnetasi. Hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan pengasuh terhadap kecerdasan emosional santri dengan prosentase sebesar 25,6%. Kedua terdapat pengaruh positif dan signifikan sistem pendidikan pesantren terhadap kecerdasan emosional santri dengan prosentase sebesar 23,4%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan pengasuh dan sistem pendidikan pesantren secara bersama-sama terhadap kecerdasan emosional santri dengan prosentase sebesar 34,7%.

References

Chandra, G. (2010). Panduan Pendampingan Kecerdasan Emosional. Mojokerto: Manuscript.

Hude, M. D. (2006). Emosi, Penjelajahan Religio Psikologis Tentang Emosi Manusia dalam Al-Qur’an. Jakarta: Erlangga.

Qonitatin, N., Faturochman, F., Helm, A. F., & Kartowagiran, B. (2020). Relasi Remaja – Orang Tua dan Ketika Teknologi Masuk di Dalamnya. Buletin Psikologi, 28(1), 28. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.44372

Sarnoto, A. Z. (2013). Urgensi Peningkatan Mutu Pengelolaan Pesantren Dalam Era Global. Educare, 3(3), 49–60.

Sarnoto, A. Z. (2014). Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/119

Sarnoto, A. Z. (2016). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi, 5(2), 93–104. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi

Sarnoto, A. Z., & Fathoni, A. (2020). Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Majemuk. Madani Institute, 8(2), 1–12. https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/28

Sarnoto, A. Z., & Moh Yusuf. (2018). PENGARUH KECERDASAN JAMAK DAN SEKOLAH BERASRAMA TERHADAP KARAKTER SISWA. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi

Sarnoto, A. Z., & Rahmawati, S. T. (2020). KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Statement, 10(1), 17–30. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/statement/article/view/17

Solechan, & Zidan, Z. (2019). Pengembangan Kecerdasan Emosional Di Sma Primaganda Bulurejo Diwek Jombang. Jurnal Ilmuna, 2(1), 43–64.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Tuanaya, A. M. M. T. (2007). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Balai penelitian dan pengembangan agama.

Zamakhsyari, D. (2015). Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kiai. Jakarta: LP3ES.

Published

2021-04-30

How to Cite

Sarnoto, A. Z., & Farihah Ulinnuha. (2021). PENGARUH KEPEMIMPINAN PENGASUH DAN SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI PONDOK PESANTREN AS-SA’IDIYYAH 2 BAHRUL ULUM JOMBANG. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 10(1), 1-10. https://doi.org/10.53976/jmi.v10i1.232

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>