ANALISA KEPENGAWASAN SEBAGAI SUATU KAJIAN KORELASI PENINGKATAN KINERJA GURU SEBAGAI DAMPAK DARI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENGEMBANGKAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI WILAYAH BINAAN V KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN

Authors

  • Herman Ali Sobri Pengawas SD di Jakarta

Keywords:

Kinerja Guru, gaya kepemimpinan, Pengawasan

Abstract

Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu cara yang dilakukan oleh seorang pimpinan pada saat mempengaruhi orang lain yang dipimpinnya. Pada Wilayah binaan V Kecamatan Pancoran Kota Administrasi Jakarta Selatan, Pemimpin harus mampu mengidenfikasi isyarat-isyarat yang terjadi di dalam sekolah, tetapi perilaku mendiagnosis belum cukup untuk berperilaku yang efektif. Pimpinan harus mampu mengadakan adaptasi terhadap tuntutan lingkungan dimana dapat memperagakan kepemimpinannya. Pimpinan harus mempunyai fleksibilitas yang bervariasi.

Dari hasil penelitian yang ada, yaitu diketahui bahwa hubungan Gaya Kepemimpinan kepala sekolah dengan Kinerja Guru pada Wilayah binaan V Kecamatan Pancoran Kota Administrasi Jakarta Selatan adalah KUAT. Hendaknya pemimpin terus mempertahankan Gaya Kepemimpinan kepala sekolah yang berimbang yaitu tergantung pada situasinya, pada saat menjelaskan tugas-tugas maka pemimpin harus bergaya instruksi , namun bila bawahan/ guru memiliki kemampuan dan keyakinan untuk memikul tanggung jawab maka pemimpin harus menerapkan gaya delegasi. Agar mencapai kinerja yang diharapkan guru hendaknya ditempatkan pada pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan dan keahliannya. Pemimpin hendaknya meningkatkan perhatian dan penghargaan terhadap bawahan/ guru yang memiliki kinerja yang baik sehingga bawahan/ guru termotivasi untuk meningkatkan produktivitas kerjanya

Published

2017-10-10

How to Cite

Sobri , H. A. . (2017). ANALISA KEPENGAWASAN SEBAGAI SUATU KAJIAN KORELASI PENINGKATAN KINERJA GURU SEBAGAI DAMPAK DARI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH MENGEMBANGKAN RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH DI WILAYAH BINAAN V KECAMATAN PANCORAN JAKARTA SELATAN. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 6(2), 84-95. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/233