UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS BUKU HARIAN MELALUI INVESTIGASI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 55 JAKARTA

Authors

  • Dinar Maida Sianipar SMP Negeri 55 Jakarta

Keywords:

Investigasi Terbimbing, Menulis Buku Harian, Hasil Belajar

Abstract

Dari hasil studi awal di kelas VII-C SMP Negeri 55 Jakarta , bahwa kesulitan-kesulitan menulis buku harian disebabkan (1) siswa masih kesulitan dalam mengembangkan data faktual dalam keseharian, (2) siswa masih mengalami kesulitan dalam menuangkan tulisan secara sistematis, dan (3) siswa masih belum mampu menulis dengan memperhatikan aspek kebahasaan, seperti pilihan kata (diksi), penggunaan kata yang efektif, menghubungkan paragraf satu dengan paragraf lainnya, ejaan dan tanda baca. Dengan demikian, tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran menulis  buku harian pada Kelas VII-C SMP Negeri 55 Jakarta dengan menggunakan teknik investigasi kelompok terbimbing.Setelah dilaksanakan penelitian dengan teknik investigasi terbimbing, maka pada siklus I maka sudah ada peningkatan kemampuan menulis karangan, namun belum maksimal sehingga masih perlu dilanjutkan pada siklus II. Lalu di siklus II, sudah mengalami peningkatan kemampuan menulis karangan, karena hasil yang dicapai sudah maksimal sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Hal ini dinyatakan pada perolehan nilai siswa yang telah mencapai standar yang diharapkan

References

Arikunto. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmadi. 1996. Belajar Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Elliot, John. 1991. Action Research for Educational Change. Milton Keynes, Philadelphia.

Fachruddn, A.E. 1994. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Balai Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Hamalik, Oemar. 2003. Prose Belajar Mengajar.Bangung: Bumi Aksara.

Isjoni. 2007. Cooperatif Learning. Bandung: ALPABETA.

Nurgiyantoro, B. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. ALPABETA.

Sari, Arista Kartika. 2007. Model Pembelajaran Kopperatif tipe Jigsaw untuk Sub Pokok Bahasan Volume Benda Ruang di kelas X SMA Negeri 19 Surabaya. Makalah Komprehensif Pasca Sarjana yang tidak dipublikasikan. Surabaya: UNESA.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 1(2):1–7.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2015. “Teori Belajar Kognitif Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 4(2):1–10.

Tuckman, B.W. 1978. Conducting Educational Research. Second Edition. New York. Harcourt Brace Jovanovich.

Zuchdi & Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah.

Jakarta: Depdikbud

Published

2019-03-15

How to Cite

Sianipar, D. M. . (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS BUKU HARIAN MELALUI INVESTIGASI TERBIMBING PADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 55 JAKARTA . Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 8(1), 1-9. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/238