UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI LOKAKARYA BERKESINAMBUNGAN BAGI GURU SMK NEGERI 43 JAKARTA

Authors

  • Slamet Wibowo Pengawas Sekolah SMK Jakarta Selatan

Keywords:

Kemampuan Guru, Evaluasi Hasil Belajar, Lokakarya Berkesinambungan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai persoalan yang berkaitan dengan  kemampuan guru dalam menyusun soal tes hasil belajar peserta didik yang belum mengacu pada standar yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi soal tes semester-1 tahun pelajaran 2018-2019 pada pelaksanaan supervise akademik, menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun soal yang bermutu masih kurang, dengan perolehan skor persentase rata-rata 61.06% (pilihan ganda) dan 60.54% (uraian). Hal ini perlu mendapat perhatian dari kepala sekolah untuk membantu mengatasinya. Lebih lanjut perlu dilakukan penelitian tindakan melalui pelaksanaan lokakarya berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan lokakarya berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyusun soal tes yang bermutu pada guru-guru di SMK Negeri 43 Jakarta. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dilakukan melalui catatan perubahan yang terjadi dalam tahapan pelaksanaan tindakan sampai ditemukan data jenuh, kemudian disimpulkan secara menyeluruh. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menulis soal yang bermutu pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Kemampuan menulis soal pilihan ganda pada pra tindakan memperoleh rata-rata 61.06% dan pada siklus 1 meningkat menjadi 70.72% karena belum memenuhi indicator kinerja maka tindakan dilanjutkan pada siklus 2 dan perolehan rata-rata meningkat menjadi 79.41% dan sudah memenuhi indicator kinerja dalam penelitian ini. Selanjutnya kemampuan menulis soal uraian pada pra tindakan memperoleh rata-rata 60.54% dan pada siklus 1 meningkat menjadi 70.57% karena belum memenuhi indicator kinerja maka tindakan dilanjutkan pada siklus 2 dan perolehan rata-rata meningkat menjadi 80.95% dan sudah memenuhi indicator kinerja dalam penelitian ini

References

Anwar, 2004, Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), Bandung: Alfabeta.

Dayat, jurnal penelitian yang berjudul “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Ulangan Tengah Semester Melalui KKG Guru Kelas di Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro”, Jurnal Karya Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Maret ember 2019

Gumelar dan Dahyat, 2002, Kompetensi Kepribadian Sosial dan. Professional. Tersedia: http://assesmentsainssatoe.blogspot.com/2012/05/kompetensi- kepribadian-sosial-dan.html#axzz2jA75N5wQ, diakses 17. Maret2013.

Hamalik,Oemar, 2011, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Kusaeri dan Suprananto, 2012, Pengukuran dan Penilain Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Moloeng, Lexy.J., 2004, Metode Peneitian Kuaitatif, Bandung: Rosdakarya

Naniek Sulistyawardani, dkk, 2012, Asesmen Pembelajaran SD Bahan Belajar Mandiri, Salatiga: Widya Sari Press

Oriondo, L. L. and Antonio, E. M. D., 1998, Evaluating Educational Outcomes (Test, Measurement and Evaluation), Manila: Rex Book Store.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2019 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwanto, 2013, Evaluasi Hasil Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raka Joni, 1984, Pokok-Pokok Pikiran Mengenai Pendidikan Guru, Jakarta: Ditjen. Dikti

Sarnoto, Ahmad Zain. 2012. “Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an.” Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 1(2):1–7.

Sarnoto, Ahmad Zain. 2014. “Konsepsi Evaluasi Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 3(2).

Uno, Hamzah.B dan Koni, Satria, 2012, Assesment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara

Wina Sanjaya, 2008, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, Cetakan III

Published

2019-11-18

How to Cite

Slamet Wibowo. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR MELALUI LOKAKARYA BERKESINAMBUNGAN BAGI GURU SMK NEGERI 43 JAKARTA . Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 8(2), 89-96. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/240