IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT PADA JENJANG SEKOLAH DASAR PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta
  • M. Makbul Akbar Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53976/jmi.v11i2.272

Keywords:

Reward, Punishment, Perspektif Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa konsep reward and punishment dalam teori-teori psikologi dan perspektif Al-Qur'an serta penerapannya dalam proses pendidikan karakter anak jenjang sekolah dasar, juga implikasinya dalam pengembangan pembelajaran. Metode reward and punishment didukung oleh teori-teori psikologi yaitu teori hierarki kebutuhan dasar oleh Abraham Maslow yang menyatakan bahwa keinginan seseorang untuk mendapatkan penghargaan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dan teori Operant Conditioning oleh B.F. Skinner yang menerapkan dua penguatan dalam proses pembelajaran yaitu positive and negative reinforcement. Beberapa prinsip dalam pemberian reward yaitu: 1) Harus ada batasannya, 2) dimusyawarahkan kesepakatannya, 3) dan distandarkan pada proses bukan hasil akhir. Sementara prinsip dalam penetapan punishment: 1) kepercayaan terlebih dahulu baru menghukum, 2) Menghukum tanpa emosi, dan 3) Hukuman bersifat mendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: penelitian studi tematik. Dengan metode kepustakaan (library research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif

References

A, Y. (2012). Jenis-Jenis Hukuman Edukatif untuk Anak SD. Jogjakarta: DIVA Press.

Abdullah, A. S. (2005). Teori-teori pendidikan berdasarkan Al-Qur’an. akarta : Rineka Cipta.

Al-Farmawi, ‘Abd al-Hayy, & T.th. (n.d.). al-Bidâyah fî al-Tafsîr al-Maudhû’iyyah: Dirâsah Manhâjiyyah Maudhû’iyyah. Mesir: Maktabah Jumhûriyyah.

Al-Munajid, M. S. (2022). Memberikan Zakat kepada Orang Kafir. Https://Islamqa.Info/Id/Answers/21384/Memberikan-Zakat-Kepada-Orang-Kafir. Diakses Pada 20 Juni 2022.

Arifin, H. M. (1993). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teori dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Bina Aksara.

Catherine, & Marshall, G. B. R. (1989). Designing Qualitative Research. California: Newbury Park.

Hill, W. F. (2014). Theories of Learning, diterjemahkan oleh M. Khozim. Bandung: Nusa Media.

Indrakusuma, A. D. (1973). Pengantar Ilmu Pengetahuan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang.

Marno, I. (2008). Strategi dan Metode Pengajaran. Yogyakarta: Ar-ruzza Media.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi guru professional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung : remaja Rosdakarya.

Sarnoto, A. Z. (2012). Konsepsi Pendidik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), 1–7.

Sarnoto, A. Z. (2016). Keluarga Dan Peranannya Dalam Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 5(1), 48–58.

Sarnoto, A. Z. (2022). Komunikasi Efektif pada ‘Anak Usia Dini dalam Keluarga Menurut Al-Qur’an. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2359–2369. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1829

Setiawan, W. (2017). Reward and Punishment dalam Perspektif Pendidikan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 184–201. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3171

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.

Published

2022-10-07

How to Cite

Sarnoto, A. Z., & Akbar, M. M. . (2022). IMPLEMENTASI REWARD DAN PUNISHMENT PADA JENJANG SEKOLAH DASAR PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 11(2), 17-28. https://doi.org/10.53976/jmi.v11i2.272

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>