EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH KUTTAB AL FATIH BEJI DEPOK

Authors

  • Muhammad Haryadi Institut PTIQ Jakarta
  • Asep Deni Nugraha Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

Keywords:

Pembelajaran Dalam Jaringan,, Efektivitas Belajar Siswa, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Dalam Jaringan di Sekolah Kuttab Al Fatih Beji Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dan alat pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan verifikasi. Informan dalam penelitian  ini adalah guru sebagai informan utama sebanyak 5 orang dan siswa sebagai informan pendukung sebanyak 10 orang di Sekolah Kuttab Al Fatih Beji Depok. Hasil penelitian ini menunjukkan keefektifan pembelajaran dalam jaringan yaitu pembelajaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa dibatasi waktu. Kefeketifan pendidikan Kuttab diantaranya adalah Kuttab sesuai dengan konsep pendidikan yang dibangun oleh Rasulullah, lebih bebas dalam membuat kurikulum sesuai dengan visi misi, diakui secara syar’i melawan sekulerisme, mengembalikan peran orang tua sebagai pendidik utama; selaras dengan tujuan pendidikan Nasional, menjadi solusi problematika pendidikan yang ada, yaitu adab atau karakter, lebih efektif, yaitu pendidikan diniyah lebih dominan, sedangkan ilmu umum diambil yang bermanfaat saja (ulumun nafi’ah), lebih fleksibel dalam mengatur manajemen sekolah, koordinasi dan evaluasi lebih mudah karena kesamaan visi dan mindset para pendidiknya, tidak disibukkan dengan administrasi yang banyak

References

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148.

Hardianto, M., & Syamsuddin, S. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Anak Dalam Islam (Studi Analisis Kitab Taisirul Khollaq Karya Al-Hafizh Hasan Al-Mas’uudi). AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies), 8(1), 1. https://doi.org/10.26555/almisbah.v8i1.1182

Lubis, W. (2019). Analisis Efektivitas Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 44–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3282

Marini, S., & Milawati, M. (2020). Distance Learning Innovation Strategy in Indonesia During the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the 5th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2020), 488(Aisteel), 416–421. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201124.085

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sarnoto, A. Z. (2015). Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 4(1), 1–4.

Sarnoto, A. Z. (2016). Konsepsi Komunikasi Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 36–45.

Sarnoto, A. Z. (2017a). Aspek Kemanusiaan Dalam Pembelajaran Humanistik Pada Anak Usia Dini. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(1), 11–16.

Sarnoto, A. Z. (2017b). Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan Islam. Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 6(2), 1–10.

Sarnoto, A. Z. (2022). POLARIZATION OF ISLAMIC BOARDING SCHOOLS IN RESPONSE TO GOVERNMENT POLICIES IN THE IMPLEMENTATION OF EDUCATION DURING THE COVID-19 PANDEMIC FROM A CRISIS MANAGEMENT PERSPECTIVE. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 302–310. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/nzh.v5i1.2062

Sarnoto, A. Z., Farizal, M. S., Surasman, O., & Lubisd, Z. H. (2022). Diversity of interpretation in responding to the independent policy of learning. International Journal of Health Sciences, 4429–4437. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns1.5900

Sarnoto, A. Z., & Hayatina, L. (2021). Polarization of the Muslim Community Towards Government Policies in Overcoming the COVID- 19 Pandemic in Indonesia. Linguistics and Culture Review, 5(July), 642–652. https://doi.org/https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS1.1449

Sarnoto, A. Z., Hayatina, L., Hikmah, N., Alhan, K., & Rahmawati, S. T. (2022). Impact of the COVID-19 pandemic on the education sector in Indonesia. International Journal of Health Sciences, 167–174. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6ns2.4985

Sarnoto, A. Z., & Suryanto, D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Siswa. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 6(2), 47–58.

Supardi. (2013). Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2000). Metodologi penelitian sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusufhadi, M. (2004). Menyemai Benih Teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Zed, M. (2008). Metodologi Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Published

2022-10-07

How to Cite

Haryadi, M. ., & Nugraha, A. D. . (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN DI SEKOLAH KUTTAB AL FATIH BEJI DEPOK. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 11(2), 39-49. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/276