SIKAP SOSIAL DALAM KURIKULUM 2013

Authors

  • Ahmad Zain Sarnoto Institut PTIQ Jakarta
  • Dini Andini Mahasiswa Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.53976/jmi.v6i1.277

Keywords:

Sikap sosial, spiritual, kurikulum 2013

Abstract

Di madrasah/sekolah, selain prestasi belajar dalam bentuk nilai rapor dan prestasi akademik lainnya, perlu juga diperhatikan nilai-nilai sikap spiritual dan sikap sosial yang baik. Maka sepatutnya madrasah mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang berimplikasi pada akhlaq siswa siswi. Madrasah semenjak dahulu telah menerapkan pendidikan yang mengedepankan akhlaq, yang dalam bahasa kurikulum 2013 adalah sikap spiritual dan sikap sosial. Berawal dari madrasahlah mata pelajaran agama mendapatkan porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan sekolah umum lainnya, dan di madrasah pula lah setiap siswa-siswi  serta warga madrasah lainnya sikap-sikap menjadi perhatian dan hal penting dalam sebuah proses pembelajaran

Sepatutnyalah di era kurikulum 2013 ini madrasah lebih unggul dari sekolah umum lainnya dalam hal penerapan sikap baik sikap spiritual maupun sikap sosial. Kurikulum 2013 memberi kemudahan dari sisi penilaian aspek-aspek sikap, dengan dibuatkan panduan sebagai alat penilaian sikap. Madrasah hendaknya lebih mendalam memperhatikan hal-hal yang berkenaan kondisi siswa secara pribadi, karena tingginya prestasi akademik sebaiknya sejalan dengan tingginya nilai sikap merek

References

Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial, 2009

Arifin, Bambang Syamsul. Psikologi Sosial, 2015

Al-‘Asqalani, Ibn Hajar. Bulughul Maram, Penerjemah Machfuddin Aladif, Semarang: Toha Putra, 1997

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, 1998

Chaplin, J.P. Dictionary of Psychology (Kamus Lengkap Psikologi) Penerjemah: Kartini Kartono, Jakarta: Grafindo, 2006

Gerungan, W.A. Psikologi Sosial, Bandung: Eresco, 1988

Gula, Dali, Kartini Kartono. Kamus Psikologi, Bandung: Pioner Jaya, 1982

Hadis, Abdul. Psikologi dalam Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2006

Kartono,Kartini. Psikologi Sosial untuk Manajemen Perusahaan dan Industri., Jakarta, CV. Rajawali, 1985

Lampiran PMA no. 165 tahun 2014. Pdf., hal. 6 (diunduh 22 Desember 2014, pukul 10:50)

Lampiran Permendikbud RI. No. 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000

Rahayu, Donna Rosmaina. Sikap Aktris Sinetron terhadap Setelan Kebaya Modivikasi Sebagai Busana Pesta, Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, 2008

Rahman, Agus Abdul. Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik, 2014

Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015

Sarnoto, Ahmad Zain. “Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar.” Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 3, no. 1 (2014): 46–56.

———. “Konsepsi Evaluasi Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 3, no. 2 (2014).

———. “Membangun Karakter Bermasyarakat Dan Bernegara Dengan Nilai-Nilai Pancasila.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan 5, no. 1 (2015): 33–39.

———. Mengenal Psikologi Islam, Suatu Pengantar. 1st ed. Bekasi: Bekasi: Pustaka Faza Amanah, 2002.

———. “Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 3, no. 1 (2014): 60–78.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya, 2010.

Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran., Jakarta: Graha Ilmu, 2008

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2007

‘Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo : Insan Kamil, 2012

Published

2017-03-07

How to Cite

Sarnoto, A. Z., & Andini , D. . (2017). SIKAP SOSIAL DALAM KURIKULUM 2013. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 6(1), 39-50. https://doi.org/10.53976/jmi.v6i1.277

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>