SIKAP SOSIAL DALAM KURIKULUM 2013
DOI:
https://doi.org/10.53976/jmi.v6i1.277Keywords:
Sikap sosial, spiritual, kurikulum 2013Abstract
Di madrasah/sekolah, selain prestasi belajar dalam bentuk nilai rapor dan prestasi akademik lainnya, perlu juga diperhatikan nilai-nilai sikap spiritual dan sikap sosial yang baik. Maka sepatutnya madrasah mempertahankan nilai-nilai keagamaan yang berimplikasi pada akhlaq siswa siswi. Madrasah semenjak dahulu telah menerapkan pendidikan yang mengedepankan akhlaq, yang dalam bahasa kurikulum 2013 adalah sikap spiritual dan sikap sosial. Berawal dari madrasahlah mata pelajaran agama mendapatkan porsi yang lebih banyak dibandingkan dengan sekolah umum lainnya, dan di madrasah pula lah setiap siswa-siswi serta warga madrasah lainnya sikap-sikap menjadi perhatian dan hal penting dalam sebuah proses pembelajaran
Sepatutnyalah di era kurikulum 2013 ini madrasah lebih unggul dari sekolah umum lainnya dalam hal penerapan sikap baik sikap spiritual maupun sikap sosial. Kurikulum 2013 memberi kemudahan dari sisi penilaian aspek-aspek sikap, dengan dibuatkan panduan sebagai alat penilaian sikap. Madrasah hendaknya lebih mendalam memperhatikan hal-hal yang berkenaan kondisi siswa secara pribadi, karena tingginya prestasi akademik sebaiknya sejalan dengan tingginya nilai sikap merek
References
Ahmadi, Abu. Psikologi Sosial, 2009
Arifin, Bambang Syamsul. Psikologi Sosial, 2015
Al-‘Asqalani, Ibn Hajar. Bulughul Maram, Penerjemah Machfuddin Aladif, Semarang: Toha Putra, 1997
Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, 1998
Chaplin, J.P. Dictionary of Psychology (Kamus Lengkap Psikologi) Penerjemah: Kartini Kartono, Jakarta: Grafindo, 2006
Gerungan, W.A. Psikologi Sosial, Bandung: Eresco, 1988
Gula, Dali, Kartini Kartono. Kamus Psikologi, Bandung: Pioner Jaya, 1982
Hadis, Abdul. Psikologi dalam Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2006
Kartono,Kartini. Psikologi Sosial untuk Manajemen Perusahaan dan Industri., Jakarta, CV. Rajawali, 1985
Lampiran PMA no. 165 tahun 2014. Pdf., hal. 6 (diunduh 22 Desember 2014, pukul 10:50)
Lampiran Permendikbud RI. No. 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Rahayu, Donna Rosmaina. Sikap Aktris Sinetron terhadap Setelan Kebaya Modivikasi Sebagai Busana Pesta, Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, 2008
Rahman, Agus Abdul. Psikologi Sosial Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik, 2014
Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015
Sarnoto, Ahmad Zain. “Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar.” Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan 3, no. 1 (2014): 46–56.
———. “Konsepsi Evaluasi Pembelajaran Perspektif Al-Qur’an.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 3, no. 2 (2014).
———. “Membangun Karakter Bermasyarakat Dan Bernegara Dengan Nilai-Nilai Pancasila.” Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan 5, no. 1 (2015): 33–39.
———. Mengenal Psikologi Islam, Suatu Pengantar. 1st ed. Bekasi: Bekasi: Pustaka Faza Amanah, 2002.
———. “Pesantren Dan Kurikulum Pembelajaran Dalam Dinamika Politik Pendidikan Di Indonesia.” Madani Institutte: Jurnal Politik, Hukum, Pendidikan, Sosial Dan Budaya 3, no. 1 (2014): 60–78.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya, 2010.
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran., Jakarta: Graha Ilmu, 2008
Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2007
‘Ulwan, Abdullah Nashih. Pendidikan Anak Dalam Islam, Solo : Insan Kamil, 2012