TOLERANSI BERAGAMA DAN PEMAHAMAN MULTIKULTURALISME SEBAGAI UPAYA MENANGKAL SIKAP RADIKALISME
Keywords:
Toleransi Beragama, Pemahaman Multikulturalisme, Sikap RadikalismAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh sikap toleransi beragama dan pemahaman multikulturalisme terhadap sikap radikalisme secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu angota Rohis SMA Negeri Kecamatan Tanjung Priok. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 103 responden dari total 136 populasi anggota Rohis di 4 (empat) SMA Negeri di Kecamatan Tanjung Priok. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman toleransi beragama dan multikulturalisme berpengaruh signifikan terhadap radikalisme Anggota Rohani Islam di Kecamatan Tanjung Priok, baik secara terpisah maupun serentak. Toleransi beragama memiliki pengaruh yang lebih kuat terhadap radikalisme, dengan koefisien determinasi 0,347. Koefisien penentuan pemahaman multikulturalisme radikalisme adalah 0,276, sedangkan koefisien penentuan toleransi beragama dan pemahaman multikulturalisme radikalisme adalah 0,378. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman toleransi beragama dan multikulturalisme berpengaruh signifikan terhadap radicalism anggota Rohani Islam di Kabupaten Tanjung Priok. Oleh karena itu disarankan agar lembaga pendidikan Islam di Kecamatan Tanjung Priok harus memperhatikan dan menyelenggarakan pendidikan agama yang mengedepankan toleransi beragama dan pemahaman multikulturalisme. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan siswa terlibat dalam radikalisme
References
Al-Munawwir, A. W.. Kamus Bahasa Indonesia, Surabaya: Pustaka Progresif, 1997.
Al-Qardhawi, Yusuf. Membedah Islam “Ekstrem”, diterjemahkan oleh Alwi A.M. dari judul Ash-Shahwah Al-Islamiyah: Baina Al-Juhud wa at-Tatharruf. Bandung: Mizan, 2001.
Baidhawy, Zakiyuddin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga, 2005.
Burhanudin, Nandang. “Pencegahan Paham Radikal di Sekolah Melalui Metode Problem Based Learning Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Disertasi. Jakarta: Pascasarjana PTIQ Jakarta, 2018.
Dzakiy, Muhammad. Mengungkap Tuntas Makna Jihad dan Pelaksanaanya, Jakarta: Pt. Gading Inti Prima, 2011
Faisal, Sanapiah. Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya, Usaha Nasional, 1982.
Fatah, Abdul. “Budaya Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, 2012.
Kementerian Agama RI, Toleransi Beragama di Daerah Rawan Konflik, Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2016.
Lajnah Pentashihan Al-Qur’an. Hubungan Antar-Umat Beragama (Tafsir Al-Qur’an Tematik), Jakarta: Perpustakan Nasional RI, 2010.
Mahfud, Choirul. Pendidikan Multikultural, cet. ke-1 Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
Mahfudh, Shofiyah, et al., Melawan Doktrin Sesat Terorisme, Jakarta: Pt. Intimedia Cipta nusantara 2011.
Marwati, Sri. “Nilai-Nilai Pendidikan Toleransi Dalam PembelajaranAgama Islam.” dalam Jurnal TOLERANSI: Media Komunikasi umat Beragama, Vol. 9, No. 1, Tahun 2017.
Misrawi, Zuhairi. Al-Qur’an Kitab Toleransi, Jakarta: Fitrah, 2007.
Munif, Abdul. “Menangkal Radikalisme Agama di Sekolah.” dalam Jurnal Pendidikan Islam, Vol. I, No. 2 Tahun 2012.
Pusat Bahasa Depdiknas RI. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2008.
Said, Hasani Ahmad & Fathurrahman Rauf, “Radikalisme Agama Dalam Perspektif Hukum Islam.” dalam Jurnal AL-‘ADALAH, Vol. XII, No. 3, Tahun 2015.
Sarnoto, Ahmad Zain, and Nandang Burhanuddin. “Counter-Radicalization through Problem Based Learning in the Perspective of the Al Qur’an.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 01 (July 3, 2021): 1–16. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.195.
Sholehuddin. Pluralisme Agama & Toleransi, Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional RI, 2010.
Suparman, Heru. Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Al-Qur’an dan Implementasi di Sekolah, Jakarta: Yayasan Nusantara Bangun Jaya, 2008
Zubaedi. Islam Benturan dan Antar peradaban, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007