UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PJOK MATERI ATLETIK MELALUI PERMAINAN LOMPAT KARET DAN KARDUS PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 211 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Authors

  • Bambang Dirgantoro

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Permainan, Lompat Jauh

Abstract

Rendahnya aktivitas gerak dan respon siswa terhadap pembelajaran lompat jauh menjadi permasalahan untuk tercapainya ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas untuk siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 80 menit. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta yang berjumlah 31 siswa. Variabel yang diteliti adalah suasana kelas yang ditandai aktivitas siswa, respon siswa dan unjuk kerja siswa dalam malakukan pembelajaran lompat jauh. Pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran oleh guru kolaborator dengan menggunakan tabel observasi. Pendapat siswa melalui angket yang dibagikan sesudah pembelajaran, sebagai upaya untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran lompat jauh melalui permainan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran di atas dapat meningkatkan aktivitas siswa 29 siswa kategori baik, rasa senang 26 siswa kategori baik, dan unjuk kerja siswa 29 siswa (93,55%) tuntas, sedangkan 2 siswa (6,45%) belum tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permaianan lompat karet dan kardus untuk meraih sasaran diatas pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 211 Jakarta.

Published

2020-03-09