IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING BERBASIS AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN DISIPLIN SISWA SMA TAMAN MADYA 5 CABANG RAWAMANGUN JAKARTA PUSAT

Authors

  • Abdul Haris Mahasiswa Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

Bimbingan Konseling, Berbasis Al-Qur’an, Disiplin siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Bimbingan Konseling Berbasis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Disiplin Siswa SMA Taman Madya 5 Cabang Rawamangun Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan sumber utama tesis ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang beragam tersebut dianalisis melalui pendekatan model studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi implementasi bimbimgan konseling berbasis al– Qur’an, terdiri dari tiga tahapan yaitu: a) implementasi bimbingan konseling berbasis Al-Qur’an dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, b) nilai-nilai Al-Qur’an di terapkan dalam bimbingan konseling untuk memberikan kesadaran pada siswa bahwa segala sesuatu itu termasuk kesenangan, kesedihan dan keberhasilan adalah kehendak allah, c) kalimah-kailmah islami yang sering diberikan adalah rajin ibadah, berdoa, dan berzikir kepada Allah swt. Kedua, Pada prinsipnya pelaksanaan bimbingan konseling berbasis Al-Qur’an tidak mengalami kendala-kendala yang memberatkan siswa dalam menerima bimbingan konseling berbasis al-Qur’an. secara keseluruhan siswa tambah senang dengan nasehat-nasehat agama dari guru bimbingan konseling. Hal ini bisa dilihat dari perilaku siswa ketika ketemu guru selalu mengucapkan salam dan mencium tangan guru, tadarus al-Qur’an setiap pagi dengan penuh antusias dan tertip, dan berdo’a sebelum belajar dan setelah belajar. Ketiga, Bimbingan konseling berbasis al-Qur;an bagi siswa sangat bermanfaat. Isi dari bimbingan konseling berbasis al-Qur’an adalah nasehat-nasehat agama yang sangat diperlukan oleh siswa. Nasehat agama sangat mendukung kedisplinan siswa karena agama tidak bisa lepas dari kehidupan seorang muslim. Agama adalah panduan dan acuan dalam menjalani hidup untuk sukses dunia dan akherat. Tanpa agama manusia akan terombang ambing dalam berkehidupan di dunia. Maka diperlukan nilai-nilai agama untuk mengisi hati sanubari siswa untuk menopang perilaku yang baik. Bimbingan konseling sangat memperioritaskan bimbingan hati nurani dan mental. Sehingga dengan menyentuh hati nurani mereka bisa tersadarkan dari keterpurukan akhlak dan perilaku yang kurang baik (madzmumah)

References

Akhyar, S. (2015). Konseling Islami Dalam Komunitas Pesantren. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Al-Thabari, A. J. M. I. J. (2009). Tafsir Ath-Thabari. Jakarta: Pustaka Azzam.

Aswadi. (2009). Iyadah dan ta’ziyah : perspektif bimbingan konseling islam. Surabaya : Dakwah Digital Press.

Grafika, T. R. S. (2007). Undang-Undang Sisdiknas 2003. Sinar Grafika.

Kholik, N. (2017). Peranan sekolah sebagai lembaga pengembangan pendidikan multikultural. Jurnal Tawadhu, 1(2).

Mansur. (2004). Mendidik anak sejak dalam kandungan. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Sarnoto, A. Z. (2014). Peran Komunikasi Dalam Proses Bimbingan Dan Konseling. Profesi: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3(2), 54–62.

Sarnoto, A. Z. (2023a). Qur’anic Psychology: Menelusuri Konsep Manusia Ideal dalam Psikologi dan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3691–3698.

Sarnoto, A. Z. (2023b). Systematic Mapping Study : Metodologi, Analisis dan Interpretasi. Malang: Seribu Bintang.

Sarnoto, A. Z., Ibrohim, B., & Nugroho, T. (2021). Kerja Sama Guru Dan Orang Tua Pada Pembelajaran Tahfid Quran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(2), 125–138. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i2.796

Sarnoto, A. Z., Okilanda, A., & Renngiwur, J. (2023). Filsafat Pendidikan. Jogjakarta: Sulur Pustaka.

Sarnoto, A. Z., & Sari, W. D. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Yogyakarta : Sulur Pustaka.

Sastradiharja, E. J., Sarnoto, A. Z., & Nurikasari, N. (2023). PENGEMBANGAN KECERDASAN EMOSI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 13(1), 85–100. https://doi.org/https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v13i1.1424

Solihudin, M. (2013). Dampak Kebijakan Sekolah Tentang Poin Pelanggaran Tata Tertib Siswa Dalam Membentuk Perilaku Siswa Yang Berkarakter. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, D. K. (2002). , Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: remaja Rosyda Karya.

Zulyanto, A. (2013). Pencapaian MGDs di Indonesia. Sumedang: Unpad Press.

Published

2024-01-04

How to Cite

Haris, A. (2024). IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING BERBASIS AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN DISIPLIN SISWA SMA TAMAN MADYA 5 CABANG RAWAMANGUN JAKARTA PUSAT. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 13(1), 1-9. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/302