IMPLEMENTASI METODE STEAMMI DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK DI TK AL-HAMIDIYAH DEPOK JAWA BARAT

Authors

  • Yuliyanti Yuliyanti Mahasiswa Pascasarjana Universitas PTIQ Jakarta
  • Siskandar Siskandar Universitas PTIQ Jakarta
  • Akhmad Shunhaji Universitas PTIQ Jakarta
  • Ahmad Zain Sarnoto Universitas PTIQ Jakarta

Keywords:

Potensi, STEAMMI, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode STEAMMI di TK Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat dan untuk menemukan pengembangan potensi peserta didik di TK Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat. Hal ini didasari bahwa potensi setiap peserta didik dapat berkembang secara maksimal dalam proses pembelajaran, sangat penting bagi pendidik untuk memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang sesuai. Metode yang efektif adalah yang tidak hanya berfokus pada pengembangan kompetensi akademik, tapi juga mampu mengakomodasi dan memfasilitasi pertumbuhan berbagai potensi lainnya yang dimiliki siswa, seperti minat, bakat, kemampuan kreatif, dan aspek kepribadian. Hal ini berarti pendekatan dalam pembelajaran harus dirancang untuk mengaktifkan partisipasi siswa secara penuh, serta memperhatikan dan menghargai keunikan potensi yang dimiliki oleh masing-masing individu. Penelitian ini telah berhasil mengidentifikasi dan menganalisis implementasi metode STEAMMI di TK Al-Hamidiyah Depok, Jawa Barat.  Hasilnya menunjukkan bahwa sekolah telah melaksanakan metode STEAMMI dengan baik, termasuk dalam mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, Arts, Mathematics, Montessori dan Islamic dalam  kurikulum dan pembelajaran sehari-hari. Keberhasilan implementasi metode STEAMMI ini didukung oleh komitmen Kepala Sekolah, guru dan staf sekolah, dukungan dari orangtua peserta didik, serta pemilihan materi pembelajaran yang relevan dan menarik. Serta sarana dan fasilitas penunjang yang mendukung implementasi metode STEAMMI. Pendidik di TK Al Hamidiyah telah mengadaptasi metode STEAMMI dengan baik dalam pembelajaran sehari-hari

References

Akhirin. (2015). Pengembangan Potensi Anak Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Tarbawi, 12(2).

Anwar, H., Sarnoto, A. Z., & Habiburrahmanuddin, N. (2022). Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Al-Qur ’ an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1453–1470. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v11i01.3074

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Baharuddin, & Makin, M. (2006). Pendidikan Humanistik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

JATENG, P. (2023). Literasi dan STEAM PAUD Kurikulum merdeka. Https://Www.Paud.Id/Literasi-Dan-Steam-Paud-Kurikulum-Merdeka/. Diakses Pada 17 Januari 2023.

Mansyur, M. (2016). Penerapan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran PAI di SDIT Salsabila 2 Klasemen. Yogyakarta: Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Muhaemin, & Fitrianto, Y. (2002). Mengembangkan Potensi Peserta Didik Berbasis Kecerdasan Majemuk. Indramayu: Penerbit Adab.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurlita, N., Sarnoto, A. Z., & Hayati, M. (2018). Development of Malay Culture-Based Dance Learning Model to Enhance Early Childhood Students’ Creativity. Proceedings Ofthe 1st International Conference on Educational Sciences (ICES 2017), 316–319.

Purnamasari, I., Handayani, D., & Formen, A. (2020). Stimulasi Keterampilan Hots Dalam Paud Melalui Pembelajaran Steam. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), Vol. 3, Tahun 2020.

Rantina, M. (2023). Buku Ajar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Palembang: Bening media Publishing.

Rohmah, S., & Yuliyanti. (2022). Modul STEAMMI: Implementasi STEAMMI dalam Kegiatan Belajar Mengajar KB/TK Al-Hamidiyah. Depok: Yayasan Islam Al-Hamidiyah.

Rosmiyati, S. (2021). Pengelolaan Pembelajaran dalam proses pengembangan Sosial Emosional Standar PAUD. Bandung: Guepedia.

Rusli, A. (2017). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Indonesia.

Saragih, H. (2016). Meningkatkan Ketrampilan Guru Membuat Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 bagi Guru pada Sekolah. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 114. https://doi.org/10.24114/jupiis.v8i2.5157

Sarnoto, A. Z. (2021a). Konsep pendidikan berbasis Al-Qur’an (1st ed.). Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z. (2021b). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Al-Qur’an (1st ed.). Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z. (2021c). Psikologi perkembangan anak usia dini perspektif Al-Qur’an. Bekasi: Faza Amanah.

Sarnoto, A. Z. (2023). Systematic Mapping Study : Metodologi, Analisis dan Interpretasi. Malang: Seribu Bintang.

Sarnoto, A. Z. (2016). Profesionalisme guru Pendidikan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional: PERAN PENGASUHAN ANAK RA DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA, 89–98.

Sarnoto, A. Z., & Budiyanti, E. (2021). Karakteristik Model Quantum Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 65–76. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i1.4273

Sarnoto, A. Z., & Muhtadi, M. (2019). Pendidikan Humanistik Dalam Perspektif Al-Qur’an. Alim | Journal of Islamic Educatioan, 1(1), 21–46.

Sarnoto, A. Z., & Sari, W. D. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Islam. Yogyakarta : Sulur Pustaka.

Sarnoto, A. Z., & Waluyo. (2018). Pengaruh Kompetensi pedagogik guru tahfizh dan motivasi siswa terhadap prestasi belajar tahfizh Al-Qur’an siswa MTs Hamalatul Qur’an Karawang. Statement | Jurnal Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 8(1), 48–62.

Shunhaji, A., & Fadiyah, N. (2020). Efektivitas alat peraga edukatif (APE) balok dalam mengembangkan kognitif anak usia dini. Alim: Journal of Islamic Education, 2(2).

Shunhaji, A., Sarnoto, A. Z., & Kuswanto, H. (2022). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN PADA USIA REMAJA DI LEMBAGA TAKHASSUS AL-QUR’AN (LTQ) GRIYA TAHFIZH BEKASI. Jurnal Profesi, 11(2), 47–58.

Sianjatani, Y. (2020). Konsep dan Praktek STEAM di PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.

Sugiyati. (2018). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Gambar. Jurnal Ideguru, 3(2), 59–70.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanti, L. S. (2023). PIC dalam Proyek Eco Msoquito Trap, Guru TK A Al-Hamidiyah Depok Jawa Barat Tp. 2023-2024.

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka Guru Siswa, Merdeka Dosen Mahasiswa, Semua Bahagia. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Yaswinda. (2019). Model Pembelajaran Sains berbasis Multisensori-Ekologi (PSB MUGI) Bagi Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Yuniarti, N., Siskandar, S., Shunhaji, A., & Suwandana, E. (2021). Memahami Konsep Pembentukan dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menurut Agama Islam, Pakar Pendidikan, dan Negara. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 263–280. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v4i2.10171

Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori Panduan Mendidik Anak dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-nilai Islami. Jakarta: Anak Kita.

Published

2024-02-19

How to Cite

Yuliyanti, Y., Siskandar, S., Shunhaji, A., & Sarnoto, A. Z. (2024). IMPLEMENTASI METODE STEAMMI DALAM PENGEMBANGAN POTENSI PESERTA DIDIK DI TK AL-HAMIDIYAH DEPOK JAWA BARAT. Madani Institute : Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan Dan Sosial-Budaya, 13(1), 53-72. Retrieved from https://jurnalmadani.or.id/index.php/madaniinstitute/article/view/315

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>